Notification

×

Iklan

Iklan

Kondisi Dokter di Indonesia Selama Pandemi COVID-19 Jadi Sorotan WHO

Rabu, 30 September 2020 | 12:44 WIB Last Updated 2023-12-06T02:44:43Z

Kabar Center - Jakarta

Kondisi tenaga kesehatan di masa pandemi COVID-19 jadi perhatian. Jumlah pasien terus meningkat setiap harinya dan tentu berdampak pada kondisi tenaga medis, baik secara fisik maupun mental.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam laporan Situational Report COVID-19 Indonesia per 23 September, menyoroti soal angka kematian dokter yang per tanggal 12 September sudah menyentuh angka lebih dari 100 orang. Per tanggal 27 September, Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia mencatat ada 127 dokter yang meninggal akibat terpapar COVID-19.

WHO juga menyinggung banyaknya tenaga kesehatan yang sudah mengalami kelelahan atau burnout di masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Ini Alasan Presiden AS Donald Trump Hentikan Dana Untuk WHO

"Studi dari Universitas Indonesia yang dilakukan dari Juni-Agustus menunjukkan sekitar 83 persen atau lebih dari 1.400 tenaga kesehatan di seluruh negeri mengalami kelelahan derajat sedang sampai berat," tulis WHO di situs resminya, Rabu (30/9/2020).

"Beberapa dokter bahkan harus membayar sendiri tes PCR mereka hingga Rp 2,5 juta, sementara dokter lain mungkin tanpa sadar membawa penyakit tersebut," lanjutnya.

Dalam laporan yang diterbitkan belum lama ini, WHO juga menyinggung soal serapan anggaran kesehatan di Indonesia yang baru dicairkan 6 persen dari total anggaran sebanyak Rp 87 triliun.

Baca juga: Tangani Virus Corona, WHO Terima Dana Sebesar Rp.4,2 Triliun

Selain itu, mengenai kondisi penanganan COVID-19 sendiri, WHO turut menyoroti soal jumlah kasus harian yang dilaporkan di Indonesia bukanlah jumlah orang yang terjangkit COVID-19 di hari itu sebab konfirmasi laboratorium bisa memakan waktu sampai sepekan. (dtc/kc6)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini