Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Anjing Tertua di Dunia, Segini Umurnya

Minggu, 21 Mei 2023 | 13:41 WIB Last Updated 2023-05-21T06:41:36Z
'Bobi' Anjing Tertua di Dunia | Guinness World Records


Seekor anjing jens Portugis bernama Bobi disebut sebagai anjing tertua di dunia. 

Guinness World Records pada Februari 2023 lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-31 pada Kamis (11/5). Demikian menurut rilis berita dari Guinness.

Seperti dilaporkan CNN.com, Senin (15/5/2023), keluarga Bobi merencanakan pesta ulang tahun Sabtu (13/5) di rumahnya di Conqueiros, sebuah desa pedesaan di selatan Portugal.

Pemiliknya, Leonel Costa, mengatakan kepada Guinness bahwa itu akan menjadi pesta Portugis yang "sangat tradisional". Lebih dari 100 orang akan hadir dan grup tari akan tampil, menurut rilis berita.

Kepada Guinness, Costa menyebut Bobi telah menikmati banyak perhatian sejak dinobatkan sebagai anjing tertua di dunia.

"Ada banyak jurnalis dan orang-orang datang dari seluruh dunia untuk berfoto bersama Bobi," katanya dalam rilis itu.

Dia menambahkan bahwa anak anjing senior itu dalam keadaan sehat dan baru-baru ini menerima pemeriksaan karena kekhawatiran Costa tentang stres pengunjung yang sering datang.

"Ada banyak foto yang diambil dan dia harus naik turun berkali-kali," ujarnya pemiliknya. "Itu tidak mudah baginya" tambahnya lagi.

Bobi adalah ras Rafeiro do Alentejo, jenis anjing Portugis yang dilatih untuk menjaga ternak, menurut pemiliknya. Seiring bertambahnya usia, ia mengalami kesulitan berjalan dan juga mengalami penurunan penglihatan.

Costa mengaitkan umur panjang anjingnya sebagian dengan "lingkungan yang tenang dan damai" tempat tinggalnya.

Selain menjadi anjing tertua yang masih hidup saat ini, Bobi juga merupakan anjing tertua yang pernah tercatat menurut Guinness. Costa baru berusia 8 tahun ketika sahabat anjingnya lahir.

"Bobi istimewa karena melihatnya seperti mengingat orang-orang yang pernah menjadi bagian dari keluarga kami dan sayangnya sudah tidak ada lagi di sini, seperti ayah saya, saudara laki-laki saya, atau kakek nenek saya yang telah meninggalkan dunia ini,” kata pemiliknya dalam rilis tersebut.

Bobi yang anjing Portugis berusia 30 tahun dinobatkan sebagai yang tertua di dunia oleh Guinness World Records. Bobi adalah ras Rafeiro do Alentejo - ras yang memiliki harapan hidup rata-rata 12 hingga 14 tahun.

Anjing tertua sebelumnya adalah Bluey Australia, yang mati pada tahun 1939 pada usia 29 tahun dan lima bulan.

Menurut Guinness World Records, usia tuanya telah divalidasi oleh database hewan peliharaan pemerintah Portugal, yang dikelola oleh Persatuan Dokter Hewan Nasional.

Dia telah menjalani seluruh hidupnya dengan keluarga Costa di Desa Conqueiros, dekat pantai barat Portugal, setelah lahir dengan tiga saudara kandung.

Leonel Costa, yang saat itu berusia delapan tahun, mengatakan bahwa orang tuanya memiliki terlalu banyak hewan dan harus merelakan beberapa anak anjing, tetapi Bobi melarikan diri.

Leonel dan saudara laki-lakinya merahasiakan keberadaan anjing itu dari orang tua mereka sampai dia akhirnya ditemukan dan menjadi bagian dari keluarga, yang memberinya makanan yang sama dengan yang mereka makan.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini