Notification

×

Iklan

Iklan

Virus Corona Baru Muncul Lagi, Menular Dari Anjing

Senin, 24 Mei 2021 | 08:45 WIB Last Updated 2023-12-06T02:44:43Z
Ilustrasi

Kabar Center - Jakarta

Peneliti menemukan virus corona baru asal Malaysia yang menular ke manusia dari anjing.

Sehingga ada delapan virus corona yang terkonfirmasi bisa menginfeksi manusia. Tapi varian virus corona ini adalah yang pertama ditularkan dari anjing kepada manusia.

Namun, aaat ini terdapat 7 jenis virus corona yang diketahui. Virus corona sendiri adalah virus yang menjangkiti binatang. Meski demikian, beberapa virus corona ini dapat menular ke manusia.

Sebelum pandemi Covid-19 akibat virus corona SARS-CoV-2, beberapa virus corona yang menular dari binatang tidak sampai menimbulkan wabah. Virus corona SARS-CoV-2 bisa menjadi pandemi lantaran virus mudah menular antar manusia dan bisa menimbulkan kematian.

Virus corona yang terkonfirmasi bisa menular ke manusia dari anjing tadi dinamakan CCoV-HuPn-2018. Virus ini didapat dari hasil penelitian dari seorang anak yang dirawat akibat gejala pneumonia pada 2018 di Malaysia seperti dikutip The Independence.

Kendati demikian, saat ini belum dipastikan apakah virus ini bisa menjadi ancaman serius bagi manusia. Tapi, hasil penelitian mereka menekankan pentingnya mencatat berbagai virus yang bisa menular dari hewan ke manusia.

Studi ini juga tidak membuktikan kalau pneumonia yang menyebabkan anak itu dirawat di rumah sakit disebabkan oleh virus corona dari anjing tadi. Sehingga, kemungkinan virus corona baru ini tidak menular antar manusia.

"Kita harus mencari hal-hal ini (virus yang menular dari hewan ke manusia). Jika kita dapat tahu lebih awal dan mengetahui bahwa virus ini berhasil menular ke manusia, maka kita dapat mengatasi sebelum menjadi virus pandemi," kata Dr Gregory Gray, epidemiolog dari Universitas Duke yang menjadi salah satu penulis studi itu seperti dikutip The New York Times. 

Para ahli memang sudah lama tahu kalau virus corona bisa menginfeksi anjing. Tapi, belum ada bukti virus corona anjing bisa menginfeksi manusia. Mereka juga belum yakin virus corona yang menginfeksi anak itu berasal dari anjing, sebab bisa jadi anak itu tertular dari hewan lain seperti kucing.

Asumsi virus corona berasal dari anjing muncul setelah mereka mendeteksi hasil tes swab lawas. Hasilnya, virus pada anak itu mirip dengan virus corona pada anjing. Si anak sendiri hidup di daerah yang bebas berinteraksi dengan hewan domestik dan hewan liar.

Penelitian ini dimulai Juni tahun lalu saat pandemi merebak. Mereka menguji sampel-sampel lawas dari pasien-pasien yang sempat dirawat dengan gejala pneumonia di Sarawak, Malaysia, pada 2017 dan 2018.

Untuk memastikan, tim peneliti mengirim sampel genom itu ke virolog dan dokter hewan di Universitas Ohio State, Dr Anastasia Vlasova. Hasilnya, hasil genom itu memang mengandung virus corona anjing varian baru yang mengalami mutasi.

Masih terlalu awal untuk meyebut virus ini menjadi ancaman bagi manusia. Hanya saja, para peneliti bersikap hati-hati agar tidak dikejutkan dengan virus yang lantas menjadi wabah.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini