Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Samosir Gelar Forum Konsultasi Publik

Sabtu, 08 Februari 2020 | 18:09 WIB Last Updated 2020-02-08T11:09:26Z

Kabar Center - Samosir

Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon,MM membuka secara langsung Forum Konsultasi Publik Ranwal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Samosir Tahun 2021 bersama pimpinan OPD dan berbagai stake holder lainnya yang bertempat di Aula Kantor Bupati Samosir, Kamis (06/02).

Turut hadir Sekretaris Daerah Jabiat Sagala, Asisten Administrasi Umum Lemen Manurung, Kepala Bappeda, Kepala BPS Kabupaten Samosir, unsur Forkopimda, BUMN, BUMD, dan Camat se-Kabupaten Samosir.

Rapat pembahasan RKPD 2021 ini mengambil tema “Pembangunan SDM, Pemantapan Pariwisata dan Pertanian untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas”.

Dalam kata sambutannya Bupati Samosir menerangkan bahwa pembahasan RKPD merupakan tahapan awal dan harus menjadi rancangan dan rumusan prioritas pembangunan daerah dengan mengacu pada indikator kinerja utama.

Bupati Samosir juga menekankankan bahwa dalam penyusunan RKPD 2021 diperlukan integrasi sistem perencanaan. Untuk itu diharapkan setiap OPD dapat memberi argumentasi dengan mengacu pada indikator kinerja program dan manfaat kepada masyarakat luas.

"Apa yang kita programkan harus memiliki efek multi ganda yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan serta meningkatkan kesehjateraan masyarakat," ujar Bupati.

Bupati berharap agar antar OPD menjalin koordinasi sehingga perencanaan yang dihasilkan saling mendukung dan sesuai dengan visi Kabupaten Samosir. "Program pembangunan 2021 juga harus simetris dengan Pemerintah provinsi dan pusat," kata Rapidin.

Lebih lanjut Bupati Samosir meyakini bahwa sektor pariwisata dan pertanian dapat meningkatkan kesehjateraan masyarakat Kabupaten Samosir.

Untuk itu Bupati Samosir menargetkan pembangunan pompa air untuk irigasi pertanian dalam menghadapi musim yang tidak menentu dan meningkatkan hasil produksi.

“Kedepan diharapkan bahan pangan untuk perhotelan dapat dipenuhi dari kelompok bangkit” ujar Bupati Samosir. (Rel)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini