Notification

×

Iklan

Iklan

Wabup Samosir Audensi Dengan GM PT. PLN Sumut

Sabtu, 08 Februari 2020 | 18:41 WIB Last Updated 2020-02-08T11:41:32Z
Foto pertemuan
Kabar Center - Samosir

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga didampingi oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas PeraKPP dan Kepala Dinas PUPR melakukan Audiensi dengan Plh. GM PT PLN Wilayah Sumut beserta jajarannya pada hari Kamis (06/02) bertempat di ruang Grand Sibayak PT. PLN Wilayah Sumut Medan.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Samosir menyampaikan permasalahan-permasalah yang terjadi di Kabupaten Samosir terkait dengan peningkatan kualitas dan kuantitas listrik termasuk daerah di Samosir yang belum dialiri listrik.

Kemudian permasalahan tentang sarana pertanian seperti pompa air dengan menggunakan tenaga listrik, dan upaya memajukan Kabupaten Samosir baik dari segi pariwisata, pertanian dan aspek lainnya.

Adapun beberapa hasil dari audiensi tersebut antara lain:

1. PT.PLN akan segera menuntaskan program sambungan gratis bagi 100 Rumah Tangga miskin yang telah disepakati Tahun 2019 (antara Pemkab Samosir, ESM Provsu dengan PLN area Siantar/ Rayon Pangururan)

2. Menyepakati Pemasangan Trafo di Kawasan WIsata Tele dan juga PT. PLN akan merespon cepat usulan pemasangan trafo di objek-objek wisata lainnya.

3. Menyepakati pembayaran Pompa Air Pertanian di Desa Palipi Kecamatan Palipi serta 12 Unit SPAM/Pansimas dari sistem Abodemen menjadi Multiguna (pembayaran listrik berdasarkan pemakaian listrik, tanpa biaya abodemen), serta meninjau segera usulan penambahan daya listrik dan akan dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama antara Pemkab Samosir dengan Manager PT. PLN Area Siantar.

4. Khusus untuk perluasan jaringan listrik desa Bonan Dolok Sianjur Mula-mula akan segera ditinjau oleh PLN, dengan akses penyambungan jalur darat dari Simpang Limbong – Bonan Dolok, yang akan dibangun oleh BWSS II tahun 2020.

5. Angka kelistrikan di Samosir telah mencapai 99,46 %, sisanya sekitar 0,54 % lagi akan segera disurvey PT. PLN Tahun 2020.

6. Menyepakati Program CSR dari PT.PLN untuk tahun 2021 (lebih fokus ke pemberdayaan UKM, UMKM dan Kelompok Bangkit). Usulan CSR ini agar segera disampaikan secepatnya, karena paling lambat Bulan Juni 2020 harus diusulkan ke PT. PLN Pusat.

7. PT. PLN Area Siantar akan segera menyampaikan RAB untuk penyambungan listrik pada 5 unit Pansimas yang dibangun tahun 2019.

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Samosir berharap agar keluhan tentang kekurangan aliran listrik dapat segera teratasi. “Kami dari Pemkab Samosir akan selalu siap memberi bantuan semaksimal mungkin untuk mengatasi masalah kelistrikan dan Pemkab akan terus melakukan koordinasi dengan PLN agar kedepannya seluruh wilayah di Kabupaten Samosir dapat dialiri listrik sepenuhnya” tandasnya.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini