Notification

×

Iklan

Iklan

Propam Polda Sumut Sidak ke Polres Samosir, Ini Tujuannya

Kamis, 21 Maret 2024 | 17:23 WIB Last Updated 2024-03-21T10:23:52Z
Bid Propam Polda Sumut memeriksa ruang tahanan Polres Samosir

Kabar Center

Untuk mewujudkan dan meningkatkan norma dan sikap kedisiplinan personel Polres Samosir, Bid Propam Polda Sumut yang dipimpin oleh Kanit Hartib Subbid Provos AKP Natal F. Saragih, S.Pd bersama 3 orang personel dari Subdit Provos, melaksanakan sidak terhadap personel Polres Samosir dalam Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin), Kamis Pagi (21/03/2024)

Pejabat Sementara Kasipropam Polres Samosir IPDA Darmono  S.H. mengatakan, kegiatan Gatiplin ini dilakukan untuk menegakkan kedisiplinan anggota dan meminimalisir, serta mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polres Samosir, guna terhindar dari permasalahan baik Disiplin maupun kode Etik Profesi Polri.

Selain itu, Ipda Darmono Samosir, S.H juga menambahkan jika ditemukan anggota yang melakukan pelanggaran, langsung diberikan penindakan ditempat guna memberikan efek jerah.

"Seperti personel Polres Samosir berpakaian Dinas Polri namun ditemukan berambut tidak sesuai aturan dan langsung dilakukan pemotongan rambut di lapangan mako polres samosir," katanya.

Kasi Propam Polres Samosir juga menuturkan untuk sasaran Gaktibplin ini adalah sikap tampang, seragam yang rapi, atribut kepolisian yang wajib digunakan, Surat Nyata Diri diantanya kartu anggota, serta kelengkapan SIM dan STNK maupun KTP. 

Selanjutnya, pemeriksaan Ruang Tahanan, Ruang SPKT, Ruangan Penjagaan Sat Samapta dan Gudang Senjata. 

Hasil Gaktibplin itu, personel Polres Samosir dalam keadaan rapi dan ruangan yang diperiksa dalam keadaan aman, bersih dan masih sesuai dengan aturan. 

Melalui kegiatan ini lanjut Darmono, Tim Bid Propam Polda Sumut juga melakukan Tes Urine Terhadap 12 orang personel Polres Samosir  yang dipilih secara acak dari barisan apel pagi yakni 2 orang Perwira dan 10 orang Bintara. Kegiatan Tes Urine menggunakan alat dan dicek langsung oleh dr. Ganda Nainggolan, dengan hasil seluruh personel negatif menggunakan Narkoba.

Diakhir kegiatan, Bid Propam Polda Sumut juga memeriksa kendaraan dinas Polres Samosir yang diantaranya, pemeriksaan kelengkapan, keadaan mesin dari kendaraan roda dua, kendaraan roda empat dan terhadap kelengkapan pribadi personel pemegang kendaraan dinas meliputi SIM dan STNK. 

“Dengan diadakannya pemeriksaan Gaktibplin ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan, dan kesadaran anggota bahwasannya disiplin dalam diri menunjukkan kesiapan anggota dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarakat,” pungkasnya.

Pukul 10.00 WIB, Bid Propam Polda Sumut bersama Kasi Propam Polres Samosir meninggalkan Mako Polres Samosir dan selanjutnya melaksanakan gaktiblin ke Polsek Jajaran Polres Samosir.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini