Notification

×

Iklan

Iklan

Jepang Dilanda Gempa M 7,5, Pulau Sakhalin di Rusia Waspada Tsunami

Senin, 01 Januari 2024 | 17:01 WIB Last Updated 2024-01-01T10:01:15Z
Gerbang runtuh akibat gempa di Kuil Onohiyoshi di Kanazawa, prefektur Ishikawa [Kyodo via Reuters]

Kabar Center

Moskow - Pulau Sakhalin di Rusia yang dekat Jepang dan Kota Vladivostok berada dalam status 'waspada' tsunami. Peringatan tsunami dikeluarkan usai gempa dengan magnitudo (M) 7,5 terjadi di Jepang.

AFP melaporkan Senin (1/1/2024), layanan darurat di Sakhalin menyatakan 'peringatan tsunami' dan mengatakan pantai barat pulau itu 'mungkin terkena dampak gelombang tsunami'.

Pemerintah kota di Vladivostok juga mengumumkan peringatan dan memerintahkan para nelayan untuk 'segera kembali ke pantai'. Belum ada laporan lebih lanjut soal dampak gempa Jepang di wilayah itu.

Sebelumnya, Jepang diguncang gempa M 7,5. Badan Meteorologi Jepang pun mengeluarkan peringatan tsunami di seluruh daerah sepanjang sisi barat Jepang.

Lembaga penyiaran Jepang, NHK, melaporkan, tsunami telah menghantam wilayah Ishikawa, Jepang. Ketinggian gelombang tsunami itu lebih dari 1,2 meter.

Prefektur Ishikawa masuk dalam kategori 'Major Tsunami Warning' yang ditandai dengan garis ungu. Lokasinya terletak di dekat pusat gempa.

Selain itu, warga di daerah pesisir Noto di prefektur Ishikawa telah diminta untuk 'segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi'. Pihak berwenang telah memperingatkan adanya gelombang setinggi 5 meter di Noto.

Mereka pun mengeluarkan peringatan tsunami untuk prefektur tetangga Niigata dan Toyama. Otoritas Jepang mengatakan gelombang bisa mencapai 3 meter.

Gempa juga mengakibatkan jalanan utama ditutup. Layanan kereta cepat Shinkansen juga dihentikan sementara akibat gempa. (dtc/kc5)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini