Notification

×

Iklan

Iklan

Pesawat Mata-Mata Rusia Terdeteksi, Jepang Kirim Jet Tempur

Kamis, 25 Mei 2023 | 22:27 WIB Last Updated 2023-05-25T15:27:12Z
Ilustrasi pesawat tempur

Kabar Center

Jepang mengirim jet tempur untuk mencegat pesawat mata-mata Rusia, Kamis (25/5/2023). Pesawat Rusia terdeteksi di lepas pantai sepanjang Samudera Pasifik dan Laut Jepang.

Kepala Staf Gabungan (JCS) Jepang menyatakan, satu pesawat Rusia terdeteksi terbang dari utara melintasi sebagian pantai barat Jepang. Pesawat Rusia lainnya mengambil rute yang sama di sepanjang pantai, namun dari arah berlawanan, kemudian memutar balik dengan rute yang sama.

“Sebagai tanggapan, pesawat tempur dari Pasukan Bela Diri Angkatan Udara wilayah Utara dan unit lainnya dikerahkan,” bunyi pernyataan JCS Jepang, dikutip dari Reuters.

Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai insiden tersebut.

Jepang menganggap Rusia sebagai negara bermusuhan, sebutan yang sama diberikan semua negara Uni Eropa, AS, serta Australia dan Inggris.

Hubungan Jepang dan Rusia terganjal serangkaian konflik yang sudah terjadi sejak sebelum invasi ke Ukraina pada 24 Februari 2022. Kedua pihak belum menandatangani perjanjian perdamaian sejak Perang Dunia II.

Kedua negara memperebutkan pulau-pulau sengketa yang dikuasai Rusia. Faktor ini yang membuat kedua negara belum meneken perjanjian damai Perang Dunia II.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini