Notification

×

Iklan

Iklan

Shinzo Abe Meninggal Ditembak, Insiden Senjata Api yang Jarang Terjadi di Jepang

Sabtu, 09 Juli 2022 | 07:53 WIB Last Updated 2022-07-09T00:53:10Z
Penembakan Mantan Perdana Menteri Shinzo Abe membuat dunia terkejut, karena Jepang dikenal dengan Negara paling kecil insiden penembakan saat ini | (Foto: REUTERS/KYODO)

KABARCENTER.com

Penembakan eks perdana menteri Shinzo Abe benar-benar mengejutkan Jepang. Sebab, selama ini Negeri Matahari Terbit menjadi negara dengan tingkat kejahatan senjata api (senpi) terendah di dunia atau jarang terjadi di Jepang.

Abe tertembak di bagian leher hingga tembus ke jantungnya oleh Yamagami Tetsuya, mantan anggota Angkatan Laut Jepang saat berpidato kampanye di Kota Nara, Jumat (8/7).

PM Jepang era 2012-2020 itu dinyatakan meninggal dunia setelah berada dalam kondisi kritis dan pendarahan hebat. Petugas darurat mengatakan Abe sudah tak menunjukkan tanda-tanda kehidupan atau tanda vital setelah mengalami henti jantung usai ditembak.

Selama ini, kejahatan terkait senjata api sangat jarang terjadi di Jepang lantaran pemerintah menerapkan undang-undang kontrol senjata yang sangat ketat.

Pada 2018, Jepang hanya melaporkan sembilan kematian akibat kejahatan senjata api. Di tahun yang sama, ada sekitar 39.740 penembakan terjadi di Amerika Serikat, dikutip CNN.

Di bawah UU Jepang, satu-satunya senjata yang diizinkan dijual secara luas adalah senapan udara dan senapan angin. Sementara itu, senjata jenis pistol dilarang.

Meski begitu, sangat sulit bagi seorang warga untuk tetap bisa membeli dan memiliki senjata api karena harus melalui proses yang panjang dan rumit.

Pada 2019 hanya sekitar 310.400 senjata dipegang oleh warga sipil Jepang di negara dengan total 125 juta penduduk.

Salah satu insiden senjata api yang besar terjadi pada 2007. Saat itu, Waki Kota Nagasaki, Iccho Ito meninggal setelah ditembak setidaknya dua kali di punggung oleh seorang tersangka anggota gangster.

Sejak itu, Jepang semakin memperketat UU Kontrol Senjata dan menjatuhkan hukuman lebih berat kepada para kriminal senjata hingga anggota geng kriminal terorganisir.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini