Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Prodi S-1 Tata Kelola Seni FSR ISI Yogyakarta Gelar Pameran Drestanta

Selasa, 02 Mei 2023 | 19:09 WIB Last Updated 2023-05-02T12:11:10Z
Pembukaan simbolik oleh beberapa seniman yang terlibat | dok. Panitia

Kabar Center

Mahasiswa Prodi S-1 Tata Kelola Seni, Fakultas Seni Rupa (FSR) ISI Yogyakarta menggelar Pameran Seni Rupa "DRESTANTA". 

Pameran tersebut dilaksanakan pada 29 April - 05 Mei 2023 dan saat ini sedang berlangsung.

Demikian keterangan tertulis yang diterima dari Hiro, Ketua pelaksana pameran Drestanta, Selasa (02/05).

"DRESTANTA merupakan judul dari Pameran Seni Rupa dengan mengangkat tema heroik berupa sifat kepahlawanan dalam lingkup keluarga," ungkap Hiro.

Menurutnya, pameran ini memaparkan unsur dinamika, isu, dan inspirasi dari peranan seseorang di dalam keluarga. Pada kenyataannya lanjut dia, keluarga merupakan fondasi dasar dari struktur masyarakat.

Hiro menyebut, beberapa perupa yang merepresentasikan tema tersebut diantaranya Klowor Waldiyono, Ismanto Wahyudi, Bob Sick, Laila Tifah, dan seniman lain juga satu kolektif. Melalui karya lukis, drawing, grafis dan instalasi dengan konsep dinamika keteladanan dalam hubungan keluarga.

"Pameran ini bertujuan menyadarkan masyarakat betapa pentingnya keluarga dalam hidup sekaligus untuk menumbuhkan rasa bangga menjadi bagian dari keluarga. Fungsi peranan seseorang dalam suatu keluarga juga dapat menjadi inspirasi dari perjalanan hidup mereka," imbuhnya.

Melalui kesenian lanjut Hiro, makna dari hal-hal tersebut dapat tersalurkan lewat sajian visual dari fenomena keluarga.

"Dengan terselenggaranya pameran ini diharapkan dapat menjadi wadah edukasi bagi masyarakat agar lebih memaknai kehidupan keluarga. Ruang pamer yang tersedia juga dapat menjadi wadah komunikasi antara masyarakat umum dengan seniman," ujarnya.

"Harapan lain yang tidak kalah penting adalah terwujudnya sarana apresiasi terhadap karya yang tersaji selama pameran berlangsung," pungkas Hiro. (Kc3)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini