Notification

×

Iklan

Iklan

Hebat, Pria Ini Mampu Mendaki Gunung Everest Tanpa Kaki

Rabu, 24 Mei 2023 | 15:05 WIB Last Updated 2023-05-24T08:05:27Z
Hari Budha Magar di atas Gunung Everest | net 

Kabar Center

Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.849 m. Para pendaki telah banyak mencoba menjajaki gunung ini, namun ada yang unik, pasalnya pria asal Nepal bernama Hari Budha Magar ternyata mampu mencapai puncak gunung tersebut meski tidak memiliki kaki sebagaimana manusia normal.

Pria yang pernah menjadi tentara Nepal itu kehilangan kedua kakinya pada 2010 saat bertugas di Afghanistan. Hari kehilangan harapan untuk mendaki setelah pemerintah Nepal melarang orang yang kakinya diamputasi, buta, dan pendaki solo naik ke gunung tersebut pada 2017.

Kendati demikian, harapan itu kembali ada saat petisi muncul menggugat keputusan itu dan larangan itu pun akhirnya dicabut. 

Pada 19 Mei, Hari mengunggah di Twitternya tengah berada di Everest, seperti dilansir Start Up Pakistan. Dia menjadi orang pertama tanpa kedua kaki yang pernah mendaki gunung tersebut. Dia mewujudkan impiannya 13 tahun setelah dia kehilangan kedua kakinya.

Hari mengatakan perjalanannya sangat sulit tapi dia bisa bersyukur bisa mendaki Everst dan mencapai mimpinya.

"Tidak masalah seberapa besar mimpimu, tidak masalah seberapa besar tantangan ketidakmampuanmu, dengan pola pikir yang tepat apapun itu tidak mustahil," tulisnya. (kc/*)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini