Notification

×

Iklan

Iklan

Penutupan Bintra Bintara Polres Samosir Digelar di Pusuk Buhit

Minggu, 21 Mei 2023 | 17:15 WIB Last Updated 2023-05-21T10:15:24Z
Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman di Pusuk Buhit

Kabar Center

Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, S.H., S.I.K., M.H memimpin kegiatan Penutupan Pembinaan Tradisi kepada Bintara Remaja Polres. Penutupan tersebut digelar di Pusuk Buhit, Sabtu (20/05).

Demikian keterangan tertulis yang diterima Kabar Center melalui Humas Polres Samosir, Minggu (21/05).

Sebelumnya, Bintara Remaja sebanyak 30 orang yang ditempatkan di Polres Samosir sudah menjalani Pembinaan Tradisi di Polres Samosir dengan Kegiatan Apel Penyambutan, Kegiatan Pelatihan di Satuan Fungsi Tugas Polri, dan Kegiatan lainnya yang mendukung kegiatan Polri.

Sebelum mendaki ke Gunung Pusuk Buhit, terlebih dahulu dilaksanakan Apel di Lapangan Mako Polres Samosir yang dipimpin Kapolres Samosir. 

Kesempatan itu, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman S.H., S.I.K., M.H. menekankan agar dalam perjalan pendakian menuju puncak gunung Pusuk Buhit seluruh peserta hormat

"Jangan ada berkata sumbang, jangan buang sampah sembarangan, berjalan dengan berkelompok dan dengan jumlah kita yang berangkat harus lengkap juga turunnya nanti," ujar AKBP Yogie.

Pelaksanaan Penutupan Pembinaan Tradisi Bintara Remaja Polres Samosir dilaksanakan dengan kegiatan berjalan kaki menuju puncak Pusuk Buhit dengan durasi perjalanan lebih kurang 3 jam dari Gedung Geopark Kec. Sianjur Mulamula Kab. Samosir.

Dilanjutkan Kegiatan di Sitalatala yakni minum dan cuci muka untuk memberikan kesegaran hati dan badan setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 Jam dan juga dengan dibimbing Pak Limbong (yang dipercayakan sebagai pendamping) membawa seluruh personel berdoa untuk diberikan keringanan langkah menuju Puncak Gunung Pusuk Buhit.

Usai dari Sitalatala dilanjutkan Pendakian ke puncak gunung Pusuk Buhit dengan durasi perjalanan kurang lebih 1 Jam.

Sesampainya di Puncak Gunung Pusuk Buhit, Pak Limbong Mengajak Seluruh personel untuk berdoa di dalam kedamaian dan keindahan Gunung Pusuk Buhit. Menyampaikan doa dan harapan dalam hati sesuai ajaran agama masing - masing.

Di puncak Gunung Pusuk Buhit dilaksanakan makan bersama dan selanjutnya Kapolres Samosir, Ketua Bhayangkari Cabang Samosir Ny. Widia Hardiman, Kabag Ren Kompol Kristian Sianturi, Kabag Ops Kompol M. Hasan, Kasi Propam Ipda Darmono Samosir, Kanit PPA Ipda Janoslan Sinaga, S.Tr.K, Kasat Tahti Aipda Jusuf Ketaren, Kapolsek Simanindo AKP Nandi Butar-buta menyiram air jernih yang dicampur dengan kembang ke badan seluruh Bintara Remaja Polres Samosir yang menandakan bahwa Bintara Remaja Polres Samosir telah diterima Penuh di Keluarga besar Polres Samosir.

Kapolres Samosir menyampaikan, Bintara Remaja sudah diterima sebagai keluarga besar Polres Samosir usai penutupan pembinaan tradisi. 

"Kenapa kita bawa mereka ke Puncak Gunung Pusuk Buhit?, agar kiranya Bumi Samosir juga menerima mereka, segala kegiatan Bintara Remaja diterima Bumi Samosir demi kemakmuran, Harkamtibmas masyarakat, pengunjung dan Wisatawan Samosir," ungkap Yogie Hardiman.

Selain dari Itu, AKBP Yogie menyampaikan, dirinya yang telah bertugas di Polres Samosir kurang dari 5 bulan di tahun ini, baru memiliki kesempatan untuk mendaki sampai ke Puncak Gunung Pusuk Buhit.

"Semoga kinerja kita Polres Samosir yang mengutamakan Dalihan Natolu memberikan perubahan yang lebih damai bagi masyarakat Samosir," pungkas AKBP Yogie Hardiman.

Sebelum meninggalkan puncak Pusuk Buhit, seluruh personel Polres Samosir dan Bhayangkari Cabang Samosir terlebih dahulu membersihkan sampah yang ditinggal pengunjung, dikumpulkan ke plastik besar dan selanjutnya dibawa ke bawah. (*)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini