Notification

×

Iklan

Iklan

PAN Tunggu Petunjuk Jokowi Mengenai Usungan Calon Presiden dan Wakil Presiden

Minggu, 26 Februari 2023 | 13:34 WIB Last Updated 2023-02-26T06:34:43Z
Sumber foto: Instagram

Kabar Center

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyatakan siap menunggu petunjuk dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menetapkan nama Calon Presiden-Calon Wakil Presiden yang akan diusung pada Pemilihan Presiden 2024.

Menurut Zulhas, saat ini Presiden Jokowi adalah "Panglima Tertinggi" di PAN sehingga seluruh pengurus dan kader PAN akan patuh pada petunjuknya.

"Di sini Panglima Perang, tapi kan ada Panglima Tingginya, jadi kalau kita mau berperang pasti harus menunggu perintah dan petunjuk Panglima Tinggi Bapak Presiden Jokowi," ujar Zulkifli setelah mengikuti acara pembukaan Rakornas PAN di Semarang, Minggu 26 Februari 2023.

Zulhas mengakui bahwa saat ini beberapa kader PAN menyuarakan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Calon Presiden-Calon Wakil Presiden. 

Namun, Zulhas mengatakan bahwa dinamika politik dapat berubah, terlebih PAN berada di dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama dengan Golkar dan PPP.

"Aspirasi kita akan dibawa ke KIB terlebih dahulu. Semua Ketua Umum dan petinggi Partai juga ingin menjadi Calon Presiden-Calon Wakil Presiden, jadi kita tidak ingin gegabah dan masih menunggu arahan dari Bapak Presiden karena kita berada di dalam koalisi pemerintahan. Mohon bersabar," tambah Zulhas.

Dalam sambutannya, Zulhas juga menyampaikan pantun yang berbunyi:

Jalan-jalan ke Simpang Lima,
Jangan lupa beli lumpia.
Kalau pak Ganjar dan pak Erick sudah bersama,
Indonesia pasti jaya.

Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sendiri hadir dalam acara Rakornas PAN yang kali ini khusus membahas strategi pemenangan Pemilu dengan peserta sebanyak 5.000 orang, baik pengurus pusat, daerah hingga anggota legislatif dan bakal calon anggota legislatif.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 di DPP PKS, Kamis (23/2).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Anies Baswedan. Turut hadir dalam konferensi pers deklarasi tersebut sejumlah petinggi PKS seperti Hidayat Nur Wahid, Sohibul Iman, dan Ketua Majelis Syura Salim Segaf AlJufri.

Anies Baswedan juga memberikan pidato di depan ribuan kader PKS dalam Apel Siaga Pemenangan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (26/2).

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini