Proyek Penataan Objek Wisata Sibeabea Masuk Tahap Finishing

G.M
Kamis, 12 Januari 2023, 11:59 WIB Last Updated 2023-01-12T05:02:32Z

Kondisi terkini proyek Penataan Objek Wisata Bukit Sibeabea | ist

Kabar Center

Progres pengerjaan penataan objek wisata Sibeabea yang dikerjakan CV Permata Kasih,  dengan No. Kontrak HK.02.03-Cb2/F.02/PPK-PKP/PPP WIII-SU/2022 terlihat semakin baik saat ini.

Pekerjaan dengan waktu pelaksanaan 210 (Dua Ratus sepuluh) hari kelender ini bernilai kurang lebih Rp 11 miliar dan didampingi oleh konsultan Supervisi PT. DAP.

Selain tanaman bunga warna-warni di sepanjang jalan masuk ke Sibeabea, pembangunan lokasi parkir, toilet (kamar mandi umum) kemudian sebuah gedung tambahan dan beberapa bangunan lain sebagai penyangga keindahan termasuk gerbang masuk ke Bukit Sibeabea sudah dalam tahap finising.

Hal itu disampaikan Jery pelaksana CV Permata Kasih di lokasi proyek di Sibeabea, Turpuk Sihotang, Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Rabu (11/1/2023).

"Jadi saat ini sudah tinggal poles sana-sini dan memasukkan kompos dan tanah berhumus untuk pohon dan bunga yang kita tanam di area Sibeabea," katanya.

Masih di lokasi yang sama, Pak Subur yang ditemui wartawan mengatakan bahwa proses pembangunan patung itu sendiri tergolong memakan waktu panjang sehingga pekerjaan dilakukan di areal Sibeabea lainnya.

"Sesuai kesepakatan, area di bawah patung ditinggal dan kita kerjakan ke areal Sibeabea lainnya termasuk penyesuaian beberapa gambar proyek yang dimodifikasi sesuai dengan tekstur tanah di sana. Bila dikerjakan di bawah patung, maka pasti akan rusak karena material mereka harus keluar masuk," terang Subur.

Beberapa jenis bunga dan pohon yang ditanam kata Subur, banyak yang didatangkan dari luar Sumatera. "Ada yang dari Bali, Jogya dan kawasan daerah lainnya guna menambah perbendaharaan jenis pohon dan bunga-bungaan secara khusus di Sibeabea," sebut Subur.

Sementara itu, warga setempat M Pasaribu (50), mengakui bila ada pelarangan pengunjung ke Sibeabea untuk sementara waktu.

"Itu hal wajar mengingat di sana ada pengerjaan dan penataan. Yang diantispasi kan perihal keselamatan pengunjung di atas sana termasuk demi keamanan dan kenyamanan para pekerja," ujar Pasaribu.

Pasaribu melanjutkan, pembangunan mes, kamar mandi dan pos jaga, lokasi parkir dan tangga di bawah patung sedang dalam pengerjaan akhir. "Mudah-mudahan nanti saat libur Imlek, Februari mendatang Sibeabea sudah dapat dibuka kembali," harap Pasaribu.

Kembali kepada Jery, pihaknya dari CV Permata Kasih menyampaikan bahwa alamat dan segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasinya cukup jelas.
 
"Jadi tudingan miring itu tak benar dan proyek yang kita kerjakan pun dalam tahap finishing dan belum kita serahterimakan," pungkasnya. (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+