Sejumlah Mantan Kapolri Datangi Mabes, Beri Masukan ke Sigit

JM
Jumat, 28 Oktober 2022, 07:53 WIB Last Updated 2022-10-28T00:53:58Z

7 Mantan Kapolri kunjungi Mabes Polri

KABARCENTER.com

Jakarta - Pemandangan tak biasa terlihat di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel) siang kemarin. Nampak wajah-wajah pensiunan jenderal yang pernah duduk di pucuk institusi Polri.

Melansir detikcom, Kamis (27/10/2022) pada pukul 11.44 WIB, terlihat beberapa mantan Kapolri hadir di sana. Di antaranya mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Timur Pradopo, Jenderal Polisi (Purn) Dai Bachtiar, dan Jenderal Bambang Hendarso Danuri.

Selain itu, turut hadir Jenderal (Purn) Roesmanhadi, Jenderal Polri (Purn) Chairuddin Ismail, Jenderal (Purn) Badrodin Haiti, hingga Jenderal (Purn) Soetanto.

"Jadi kehadiran kami para ke Mabes Polri ini terpanggil tentu dengan situasi yang kita sama-sama prihatin adanya peristiwa. Memang pertemuan antara para purnawirawan Polri yang katakanlah para senior-seniornya mereka yang sedang menjabat, itu adalah hal yang biasa rutin," ujar Da'i Bachtiar kepada wartawan.

Namun Da'i mengaku kehadirannya dengan mantan kapolri lainnya kali ini untuk memberikan masukan-masukan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Tapi pada pertemuan kali ini memang ada sesuatu yang kita ingin berikan masukan. Terutama kepada peristiwa yang akhir-akhir ini terjadi. Tentu kami memberikan dorongan semangat, spirit, bagi mereka untuk tabah dan juga berpikir rasional untuk menghadapi situasi ini," imbuhnya.

Kapolri periode 2008-2010 Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri menyebut kecintaan masyarakat terhadap institusi Polri kini tengah menurun. Menurutnya, hal ini imbas rentetan kasus yang terjadi yang melibatkan Polri.

"Saat ini memang menurun karena ada beberapa peristiwa," kata Bambang.

Dia mengatakan, Sigit sudah melakukan sejumlah langkah perbaikan di institusi Polri. Upaya-upaya perbaikan diharapkan membawa Polri kembali dicintai masyarakat.

"Pada akhirnya kecintaan masyarakat kepada Polri pada waktunya akan timbul kembali. Insyaallah dengan apa yang disampaikan Bapak Kapolri tadi, bahwa langkah konkret sedang dan dalam dilaksanakan oleh Polri di seluruh Indonesia. Mulai Mabes Polri hingga tingkat polsek," ujarnya.

Bambang bersama purnawirawan Polri lain menyatakan juga akan mendukung penuh kebijakan yang diambil Kapolri, terutama hal yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Apa yang dilakukan oleh Bapak Kapolri sepenuhnya kita semua para purnawirawan dari pusat sampai daerah akan memberikan dukungan sepenuhnya bagaimana Kapolri melaksanakan tahapan-tahanan secara konkret apa yang menjadi arahan Bapak Presiden," katanya.

"Apa pun yang dihadapi Polri sekarang cukup berat. Kita yakin, dengan adanya kita para purnawirawan memberikan support dan dorongan yang begitu besar, mudah-mudahan apa yang menjadi arahan dan kebijakan bapak Presiden dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," tambah dia.

Lebih lanjut, Bambang juga meminta masyarakat turut memberikan dukungan kepada Polri dalam menghadapi situasi yang terjadi saat ini.

"Selanjutnya kita menyampaikan para purnawirawan Polri, tolong masyarakat bisa memberikan support sepenuhnya kembali pada Polri untuk menjalankan apa yang menjadi arahan Bapak Presiden," pungkasnya.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+