Notification

×

Iklan

Iklan

Rakor Forkopimka Pangururan Bahas Kampung Tangguh: Soal Dana, Ini Kata Asisten I

Senin, 08 Maret 2021 | 18:33 WIB Last Updated 2023-12-06T02:44:43Z
Rapat Koordinasi Forum Pimpinan Kecamatan Pangururan di Balai Desa Panampangan

Kabar Center - Samosir

Komandan Rayon Militer 03/Pangururan Kapt. Inf. Donald Panjaitan menghadiri rapat koordinasi Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Pangururan, Senin (08/03) di Balai Desa Panampangan Kecamatan Pangururan.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Camat Pangururan Beresma Simbolon, Sekretaris Camat Ronalven Silalahi, Polsek Pangururan, Bidan Desa, Pendamping Desa, Kepala Desa, BPD dan juga Babinsa.

Rapat koordinasi tersebut membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan Masyarakat di wilayah pangururan. "Termasuk salah satunya adalah koordinasi upaya penanganan pencegahan penyebaran Covid-19," kata Kapt. Inf. Donald Panjaitan.

Upaya-upaya itu kata dia yang saat ini sedang digalakkan adalah kampung tangguh. Selain efektif menekan laju penyebaran covid-19, kampung tangguh juga membuat tangguh keamanan dan ketenangan di masyarakat.

"Dengan adanya Kampung Tangguh juga melatih masyarakat untuk hidup gotong royong dan saling peduli. Apabila konsep ini dijalankan terus, maka mudah-mudahan penyebaran covid-19 dapat ditekan di Samosir, khususnya di Pangururan," katanya.


Sementara itu, Asisten I Pemerintahan Pemkab Samosir Mangihut Sinaga ketika dikonfirmasi Kabar Center terkait dana untuk pembentukan kampung tangguh, mengatakan, dalam rangka mendukung penanganan covid-19, Pemerintah Pusat telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 17 Tahun 2021.

"Tapi kan saya belum berani ngomong, kami belum membahas teknis. Kami menunggu persetujuan gubernur. Karena Plh kan semua harus meminta persetujuan gubernur," kata Mangihut.

Ia menambahkan, untuk kepastian dana Desa Siaga tersebut kemungkinan akan dapat diketahui satu atau dua minggu kedepan. 

"Mudah-mudahan dalam minggu ini keluar persetujuan gubernur, maka kami akan intens membahas recofusing kebutuhan untuk covid-19, salah satunya untuk Desa dan Kelurahan. Artinya bukan hanya Kampung Tangguh, bukan hanya Desa Siaga tetapi kesiapan Kabupaten secara keseluruhan," pungkas Mangihut Sinaga. (Kc3)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini