Menhub Imbau Warga Yang Mudik Libur Panjang Atur Waktu Untuk Kembali

JM
Kamis, 29 Oktober 2020, 14:33 WIB Last Updated 2020-10-29T07:33:50Z
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas KA Jayakarta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (19/10/2020). Budi meninjau Stasiun Pasar Senen untuk memastikan masalah keselamatan maupun penerapan protokol kesehatan saat libur panjang berlangsung dengan baik. (Dok: Kemenhub)

Kabar Center - Jakarta

Masyarakat yang melakukan perjalanan mudik pada libur panjang saat ini diimbau agar bisa mengatur kembali jadwal kepulangan mereka baik ke Jakarta atau kota sekitarnya.

Imbauan ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Hal itu katanya bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan. Kemudian ia juga meminta kepada para pemudik untuk tidak kembali ke Jakarta pada 1 November 2020.

"Pada saat nanti pulang, seyogyanya jangan tanggal 1 (November), itu penuh sekali. Saya harapkan pulang lebih awal," katanya.

Terkait penerapan protokol kesehatan, Menhub juga meminta kepada pihak Kepolisian dan Dishub setempat untuk melakukan test acak di beberapa tempat, salah satunya di terminal bus.

"Kami menghimbau kepada dishub dan polisi, melakukan random check terhadap jumlah penumpang bus. Kalau mobil pribadi dicek apakah mereka menggunakan masker atau tidak," katanya.

Menhub juga menegaskan, dari hasil pantauan dua hari ini, mudik libur panjang kali ini berjalan baik. Meski sempat terjadi kemacetan di jalan tol Jakarta-Cikampek. Namun hal ini langsung diatasi oleh Jasa Marga dengan menerapkan contra flow.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hari ini mengunjungi Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Kunjungannya ini dalam rangka memastikan penerapan protokol kesehatan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dalam menyelenggarakan angkutan kereta api.

Perlu diketahui, Stasiun Pasar Senen adalah salah satu stasiun yang mengalami lonjakan penumpang menghadapi libur panjang. Tercatat, kapasitas penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen mengalami peningkatan dari sekitar 4.000 penumpang per hari menjadi 8.000 penunpang per hari.

Menhub mengapresiasi konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal ini diakui bisa menjadi contoh moda transportasi lain.

"Apa yang terjadi di sini saya pikir baik. Saya apresiasi yang dilakukan oleh KAI dan oleh karena ini harus konsisten. Harus konsisten melakukan protokol kesehatan. Karena kalau kita bisa memberangkatkan mereka, tapi mereka terpapar maka kita tidak berhasil," kata Menhub di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Dalam kesempatan ini, Menhub juga membagikan masker kepada calon penumpang kereta api. Dengan begitu, diharapkan mudik libur panjang kali ini tetap nyaman dan terhindar dari Covid-19. (Lp6/kc7)

Baca juga:
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS