Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Samosir Latih Koptan Pardomuan Silimalombu Membuat Pupuk

Sabtu, 01 Juni 2024 | 14:04 WIB Last Updated 2024-06-01T07:04:23Z
Pelatihan pembuatan pupuk organik cair

Kabar Center

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Ketapang dan Pertanian melakukan penyuluhan dan pelatihan pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) dari limbah ikan dan Asam Amino dari ikan merah (red devil) bagi Kelompok Tani (Koptan) Pardomuan, Desa Silimalombu, Kecamatan Onan Runggu, Jumat (31/5).

Pelatihan itu diikuti oleh pengurus dan anggota Kelompok Tani Pardomuan dan seluruh PPL Kecamatan Onan Runggu dan Kecamatan Simanindo. 

Kabid Perikanan Ronny Sitanggang menyampaikan penyuluhan terkait tentang pembuatan Asam Amino dari Ikan Red Devil, dan Kabid Penyuluhan Lasmaria Gultom menyampaikan materi tentang Pembuatan Pupuk Organik Cair berbahan baku limbah ikan.

Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir Dr. Tumiur Gultom, SP, MP dalam sambutannya menyampaikan kegiatan pelatihan pembuatan POC dan Asam Amino di Desa Silimalombu, khususnya Poktan Pardomuan, adalah mengingat potensi bahan baku yang tersedia di daerah ini, yakni ikan dari perusahaan milik swasta yang selama ini dikelola untuk diasinkan menjadi ikan kering. 

Disamping itu juga keberadaan populasi Ikan Red Devil (Louhan) di Danau Toba terus mengalami peningkatan, namun tidak berbanding lurus dengan peningkatan harga jual.

“Hal inilah yang membuat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian hadir untuk memberikan pelatihan bagaimana mengelola ikan ini memiliki nilai tambah menjadi Asam Amino yang bermanfaat untuk pertanian juga," ujarnya.

Tumiur Gultom juga mengatakan, bahwa kegiatan ini akan terus berkesinambungan. Dinas Ketapang dan Pertanian akan mendampingi dalam membantu menyediakan bahan-bahan tambahan pembuatan POC dan Asam Amino, peminjaman mesin penggiling, dan setelahnya hasilnya akan dipasarkan yang dibantu oleh Dinas Ketapang dan Pertanian.

Sementara, Ketua Poktan Pardomuan Toga Gultom menyambut baik dan menyampaikan terimakasih kepada Dinas Ketapang dan Pertanian yang telah melakukan sosialisasi dan pelatihan ini.

Selama ini kata Toga, bahwa hampir semua anggota kelompok tani Pardomuan sehari-harinya mengolah ikan limbah dari perusahaan swasta yang ada di Silimalombu. Dirinya berharap melalui pelatihan ini, akan semakin meningkatkan perekonomian mereka melalui pengolahan limbah ikan menjadi POC dan Ikan Red Devil menjadi Asam Amino. (rl)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini