Notification

×

Iklan

Iklan

Menginspirasi, Tokoh Masyarakat Hingga Pengacara Ikut Bersihkan Danau Toba

Jumat, 31 Mei 2024 | 12:50 WIB Last Updated 2024-05-31T05:51:56Z
Gotong royong bersih bersih Danau Toba

Kabar Center

Ratusan warga samosir mulai dari Pegawai Negeri Sipil, THL, pelajar, TNI-Polri, Tokoh Masyarakat hingga Pengacara ikut melakukan pembersihan Danau Toba di perairan Danau Toba tepatnya di belakang Rumah Sakit Hadrianus Sinaga, Jumat (31/05).

"Kegiatan yang kita laksanakan ini adalah kegiatan sosial. Bersih bersih danau toba. Ini adalah hari kedua, setelah kita laksanakan hari Kamis kemarin yang kita mulai pukul 15.00 Wib," ujar Danramil 03/Pangururan Kapten Ctp. AZM Siregar di lokasi.

Menurutnya Samosir sebagai tempat tujuan wisata harus bersih lingkungan termasuk danau toba, apalagi katanya ke depan Samosir kembali menjadi lokasi event event Internasional.

"Bagaimana menarik wisatawan jika Danau Toba ini kotor. Untuk itu bersih bersih Danau Toba dilaksanakan karena ini adalah tempat wisata," tegasnya.

Senada dengan Danramil, Camat Pangururan Robintang E Naibaho mengatakan, kegiatan seperti ini sebagai bentuk persiapan Samosir menjadi lokasi event event internasional. 

"Sebentar lagi ada solu bolon, baru ada aquabike. Banyak sekali event event yang sudah dirancang oleh pemerintah pusat termasuk juga daerah. Inilah semangat kita untuk tetap menggelorakan semangat pimpinan kita dalam rangka menciptakan Samosir yang bersih dan senantiasa indah dan juga bebas dari masalah masalah sampah," ujar Robintang.

Robintang menambahkan, bersih bersih Danau Toba ini adalah semangat kebersamaan.


"Kalau pemerintah sudah sering membuat aksi aksi seperti ini. Namun inikan ada pengacara, ada masyarakat, ada tokoh tokoh. Ini yang sedang kita coba lakukan supaya ada semangat bersama di akar rumput," ungkapnya.

Dengan hadirnya berbagai elemen bukan hanya dari pemerintah, termasuk tokoh masyarakat dan pengacara sebut Robintang akan memberikan inspirasi.

"Maka mungkin tadi menginspirasi ya, ada tokoh tokoh hadir ada dari peradi walupun memang konsepnya sekarang masih fokus di Kecamatan Pangururan dan dibackup oleh Kecamatan Ronggur," pungkasnya.

Masih di lokasi yang sama, Advokat Jamin Naibaho yang ikut langsung membersihkan enceng gondok di perairan danau toba mengaku gembira melihat kebersamaan dalam melakukan pembersihan Danau Toba.

"Saya senang sekali melihat dan terlibat dalam kegiatan ini. Ini harus dilakukan minimal sekali sebulan, kami siap, memang kami ngga banyak yang turun ke lapangan, tapi lama lama nanti akan banyak," tutur Jamin Naibaho.

Menariknya, dalam kegiatan ini salah seorang Tokoh Pemuda juga pengusaha lokal Jimmy Simbolon turut memberikan dukungan bantuan snack dan makanan kepada masyarakat yang ikut gotong royong.

"Dorongan semangat atas kecintaan kepada Samosir dan Danau Toba," pungkas Jimmy. (FS)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini