Notification

×

Iklan

Iklan

Forkopimca Nainggolan Mediasi Permasalahan Ukuran Lahan

Jumat, 31 Mei 2024 | 16:38 WIB Last Updated 2024-05-31T09:38:37Z
Mediasi di Kantor Camat Nainggolan

Kabar Center

Forkopimca Nainggolan menggelar mediasi untuk menyelesaikan permasalahan ukuran lahan di Kelurahan Parhusip III Kecamatan Nainggolan Kabupaten Samosir, Jumat (31/05/2024).

Kegiatan Mediasi tersebut berlangsung di Kantor Camat Nainggolan dan dihadiri oleh Camat Nainggolan, Tino Nainggolan, S.IP, Kapolsek Onanrunggu, AKP Marlan Silalahi, Danramil 02 Nainggolan yang diwakili oleh Serma Nurliansyah, Plt. Lurah Parhusip III Jenti Padang, tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat, serta kedua belah pihak yang bersengketa.

"Kedua belah pihak yang bersengketa adalah keluarga MH dan keluarga HH, yang memiliki lahan berdampingan," ungkap Ps Kasi Humas Polres Samosir Brigadir Vandu P. Marpaung.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Onanrunggu, AKP Marlan Silalahi, dalam sambutannya menekankan pentingnya mediasi untuk mencapai kesepakatan damai.

"Dalam mediasi ini tujuan kita adalah mencari kesepakatan damai di antara kedua belah pihak yang sedang bermasalah. Kita harus berdiskusi dengan pikiran yang tenang dan jernih. Daerah kita ini adalah daerah adat, maka setiap masalah sebaiknya diselesaikan secara adat untuk mencapai tujuan dan kesepakatan yang baik," ujar Kapolsek.

Dalam mediasi tersebut hanya membahas terkait ukuran lahan. 

"Kedua belah pihak telah mengakui bahwa tanah yang dipermasalahkan benar berukuran 10 x 45 meter dan tanah tersebut adalah milik pihak MH. Setelah mediasi, pihak HH meminta agar dilakukan pengukuran dan pematokan langsung bersama Forkopimca Nainggolan," ujar Marlan.

Hasil mediasi katanya menyepakati bahwa kedua belah pihak berdamai. Forkopimca Nainggolan dan kedua belah pihak akan turun langsung ke lokasi untuk mengadakan pengukuran dan pematokan tanah. 

"Forkopimca Nainggolan juga menyarankan agar setelah pematokan selesai, segera diurus pembuatan sertifikat tanah untuk mencegah permasalahan di kemudian hari," sebut Marlan. (*)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini