Notification

×

Iklan

Iklan

Punya Pengikut Terbanyak di Medsos, Prabowo Disebut Terpopuler

Jumat, 22 Desember 2023 | 17:12 WIB Last Updated 2023-12-22T10:12:20Z
Tangkapan layar

Kabar Center

Founder Drone Emprit Ismail Fahmi mengatakan debat capres pertama pada 12 Desember menjadi momentum yang melatarbelakangi lonjakan mentions bagi semua kandidat capres dan cawapres, baik paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Dari hasil analisis Drone Emprit, secara umum Prabowo menjadi tokoh dengan tingkat popularitas tertinggi di media sosial, mengalahkan dua capres lainnya, Anies dan Ganjar.

"Pada media sosial, Prabowo menjadi tokoh yang paling banyak diperbincangkan dengan 759.763 mention, disusul Anies dengan 728.349 mention, dan Ganjar dengan 474.537 mention," kata Ismail dalam cuitannya.

Ismail menjelaskan volume perbincangan dan pemberitaan mengenai Prabowo unggul di atas tokoh capres dan cawapres lainnya. Puncak pembahasan mengenai Prabowo terjadi 13 Desember, dipicu oleh beragam narasi negatif soal performanya pada debat pertama capres beberapa waktu lalu.

Warganet menilai Prabowo emosional dan tidak substansial dalam menyampaikan argumen. Warganet juga ramai mengamplifikasi serangan Anies dan Ganjar soal isu HAM kepada Prabowo.

Kemudian, di posisi kedua adalah Anies, didorong oleh antusiasme pada debat capres. Warganet menilai penampilan Anies sangat mencuri perhatian dengan kemampuan public speaking-nya yang luar biasa.

Anies juga menjadi sorotan lantaran mampu memberi pertanyaan yang menyerang kepada Prabowo bertubi-tubi.

"Popularitas Ganjar di posisi ketiga, didorong oleh narasi warganet pasca Debat Capres. Ganjar dinilai mampu menyampaikan pengalamannya memimpin Jawa Tengah dan menyerang Prabowo soal penculikan aktivis. Meski demikian, warganet menilai Ganjar hanya diam saja dan tak banyak menginterupsi perdebatan Anies dan Prabowo," kata Ismail.

Sementara itu, Ganjar menjadi tokoh yang paling banyak dibahas dalam nada positif, yakni 70 persen sentimen positif, kemudian Anies 63 persen, dan Prabowo 59 persen.

Tingkat popularitas Prabowo itu sebanding dengan jumlah pengikutnya di media sosial. Ketua Umum Partai Gerindra itu mencatat 21,9 juta pengikut di media sosial. Angka tersebut gabungan dari pengikut di Twitter, Instagram, TikTok, Facebook, dan YouTube.

Kemudian, disusul Ganjar dengan 21,8 juta pengikut, dan Anies cuma 14,5 juta pengikut.

Jika dirinci, jumlah pengikut Prabowo terbanyak di Facebook (10,2 juta pengikut) dan Instagram (6,9 juta pengikut). Sementara Ganjar unggul di TikTok (7,2 juta pengikut) dan YouTube (2,2 juta pengikut), kemudian Anies unggul di Twitter dengan 4,9 juta pengikut.


Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini