Notification

×

Iklan

Iklan

KKB Dikabarkan Minta Tebusan Rp 5 M Bebaskan Pilot Susi Air, Mahfud MD: Masih Proses

Rabu, 05 Juli 2023 | 16:00 WIB Last Updated 2023-07-12T08:08:37Z
Pilot Susi Air disandera KKB

Kabar Center

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya dikabarkan bersedia membebaskan Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens dengan syarat uang tebusan sebesar Rp. 5 Miliar (M).
 
Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, bahwa proses penyelamatan pilot asal Selandia Baru itu akan terus diupayakan.
 
"Ya itu semua masih dalam proses, yang penting satu pilot itu harus selamat," ujar Mahfud MD di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu (5/7/2023).

Mahfud menyebut, baik TNI maupun Polri harus bekerja profesional termasuk dalam menanggapi permintaan tebusan dari kelompok penyandera.
 
Tidak hanya itu, penyelamatan pilot, tambah Mahfud, juga tidak boleh ada campur tangan negara lain yang dapat menjadikan kasus tersebut menjadi isu internasional.

"Yang kedua TNI-Polri bertindak profesional yang ketiga tidak boleh ada campur tangan asing, campur tangan negara lain dalam kasus ini. Itu prinsipnya. Sekarang terus berproses," ujarnya.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menegaskan akan mengutamakan menyelamatkan nyawa dalam pembebasan Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens.

"Kita lebih kepada kemanusiaan, kalau kemanusiaan kan ga ada harganya. Nggak bisa dihargai seberapa pun, apabila ini menyangkut keselamatan nyawa manusia, baik itu keselamatan pilot maupun masyarakat yang berada di sekitarnya," pungkas Yudo di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (4/7/2023). (okz/kc6)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini