Notification

×

Iklan

Iklan

Mual Saat Hamil, Coba Atasi Dengan 5 Jenis Minuman Ini

Jumat, 02 Juni 2023 | 15:28 WIB Last Updated 2023-06-02T08:28:52Z
Ilustrasi 

Kabar Center

Wanita kerap merasakan mual saat dalam keadaan hamil. Kondisi tersebut sesungguhnya adalah hal yang normal. Perubahan kadar hormon selama kehamilan menjadi salah satu penyebab rasa mual pada wanita hamil.

Tanda mual sering terjadi pada pagi hari, dan hal itu tentunya membuat kurang nyaman. Namun tidak usah khawatir, ada beberapa jenis minuman yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi bahkan mengatasi rasa mual.

Berikut beberapa jenis minuman yang diketahui berefek baik untuk ibu hamil yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Air Jahe
Air Jahe ternyata mampu mengatasi mual saat hamil. Seperti dimuat laman Parents, jahe adalah akar yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Jahe merupakan salah satu bahan terbaik untuk dikonsumsi saat mual.

Menurut National Library of Medicine, sekitar 80% dari semua wanita hamil akan mengalami mual dan muntah di awal kehamilan dan jahe ditemukan sebagai penangkal yang ampuh untuk hal ini.

Jahe dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Tergantung bagaimana Sang Ibu atau wanita yang bakal jadi calon ibu mencobanya.

2. Air Lemon
Air lemon dengan aroma segar dan menyenangkan dapat mengatasi rasa mual. Aromaterapi beraroma lemon memiliki dampak menurunkan rasa mual yang signifikan secara statistik pada wanita hamil.

3. Kaldu
Kaldu sejenis cairan dapat dikonsumsi sebagai minuman atasi mual saat hamil yang berikutnya. Kaldu mengandung elektrolit yang dapat mencegah dehidrasi yang menjadi efek samping umum dari mual dan muntah.

Elektrolit adalah kunci hidrasi karena mengandung natrium dan kalium. Mineral esensial ini membantu menjaga volume darah tetap tinggi dan mengalir dengan lancar, yang dapat mencegah dehidrasi dan mual.

4. Air Kelapa
Minuman atasi mual saat hamil yang kelima adalah air kelapa. Diketahui, air kelapa berperan sama baiknya dengan minuman energi olahraga untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah mual dan muntah-muntah.

Air kelapa adalah cairan yang sehat karena mengandung banyak mineral. Saat merasa mual, minumlah air kelapa dengan campuran 1 sendok teh jus lemon setiap 15 menit atau saat rasa mual dan muntah muncul.

5. Susu
Kemudian, jenis minuman ini juga cocok untuk mengatasi mual saat hamil. Susu adalah minuman kaya manfaat yang penting dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap ibu hamil. Anda bisa sedikit mencampurkan jus buah ke dalam susu untuk membantu mengurangi mual.

Akan lebih baik lagi memilih jenis susu yang dikhususkan untuk ibu hamil. Karena selain mengurangi mual, juga akan mendapat asupan nutrisi dalam dosis yang tepat untuk masa kehamilan.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini