Notification

×

Iklan

Iklan

Bertemu Dengan Prabowo, Jokowi: Utamanya Politik

Selasa, 20 Juni 2023 | 19:15 WIB Last Updated 2023-06-20T12:15:23Z
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Kabar Center

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap isi pertemuan dengan Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan Bogor, akhir pekan lalu.

Jokowi menyebut topik utama pembahasan dengan Prabowo adalah masalah politik. Namun, Jokowi tak spesifik menyebut soal Pilpres 2024.

"Ya utamanya politik, saya ngomong apa adanya," ujar Jokowi di Gresik, Selasa (20/6).

Jokowi juga mengaku, dirinya sempat makan bersama dengan Gubernur Jawa Tengah yang juga calon presiden PDIP Ganjar Pranowo, kemudian dengan Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

"Kemarin karena memang Pak Prabowo ingin ketemu dan ingin menyampaikan sesuatu yang penting, ya hari minggu jangan dipikir saya tidur hari minggu," katanya.

Sebelumnya, Jokowi menerima sejumlah bakal calon presiden di Istana. Ia beberapa kali menggelar pertemuan tertutup dengan Prabowo. Jokowi pun beberapa kali mengundang Ganjar ke Istana.

Jokowi pernah berkata akan melakukan cawe-cawe dalam Pilpres 2024. Dia beralasan keberlanjutan pembangunan harus dijaga meskipun ada pergantian presiden.

Keputusan Jokowi cawe-cawe memicu resistensi dari kelompok oposisi, salah satunya politikus Demokrat, Benny K Harman. Dia menilai aparat negara akan ikut campur jika presidennya ikut berpolitik.

"Kalau kepala negara mau cawe-cawe untuk kepentingan bangsa dan negara ke depan alasan yang sama bisa juga digunakan oleh Kapolri, oleh Ketua MA, oleh Ketua MK, oleh Jaksa Agung, KPK, oleh BIN. Mau begitu semua? Apa semua begitu?" tanya Benny di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/5).

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini