Notification

×

Iklan

Iklan

3 Ketua Pos Satkamling di Samosir Terima Piagam Penghargaan dari Kapolres

Rabu, 21 Juni 2023 | 11:52 WIB Last Updated 2023-06-21T04:52:44Z
Penyerahan piagam penghargaan kepada ketua satkamling di Samosir 

Kabar Center

3 Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di Kabupaten Samosir menerima piagam penghargaan dari Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman. Penyerahan piagam tersebut digelar di halaman Mako Polres Samosir, Rabu (21/06) dengan terlebih dahulu melaksanakan apel.

Sebelumnya, dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 dan Kesiapan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, Polres Samosir mengadakan pertandingan Pos Satkamling. 

Dari hasil penilaian yang sudah dilaksanakan, 3 Pos Satkamling mendapat nilai terbaik diantaranya Pos Satkamling Desa Pardomuan I Kecamatan Pangururan, Pos Satkamling Desa Saitnihuta Kecamatan Pangururan dan Pos Satkamling Desa Pallombuan, Kecamatan Palipi.

Amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman menyampaikan, apel yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat Revitalisasi Satkamling. 

"Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa," kata Kapolri.

Situasi kamtibmas yang kondusif lanjut Kapolri, merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia. 

Tentunya berbagai dinamika tantangan tersebut harus dihadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

"Untuk itu, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa," ungkap Jenderal Listyo.

Kapolri menambahkan, salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling. 

Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.

"Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif," katanya.

Kapolri berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta dijaga bersama.

Selanjutnya sebagai upaya akselerasi, Polri telah mengadakan lomba Satkamling mulai tingkat Polres, Polda hingga nasional. 

"Saya ucapkan selamat bagi para pemenang tingkat Polres dan Polda yang akan diumumkan setelah pelaksanaan apel ini," ujar Kapolri.

Usai apel, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman mengatakan, penilaian yang dibuat sangat strategis terhadap ketiga pos satkamling tersebut. Ketiganya merupakan lokasi penting di Kabupaten Samosir dan sudah memenuhi syarat pertandingan.

"Ketiga pos satkamling itu juga sangat berpengaruh dalam pemilu 2024 nantinya sebagai lokasi perlintasan yang menghubungkan antar kecamatan dan diperkirakan sebagai lumbung keberadaan politik," kata AKBP Yogie Hardiman.

Ketiga pemenang pos satkamling perwakilan dari Polres Samosir akan dikirimkan ke Polda Sumut.

"Kemudian, nantinya akan dikirimkan perwakilan dari Polda Sumut ke Mabes Polri sesuai penilaian dari Polda Sumut," pungkas Kapolres.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini