Notification

×

Iklan

Iklan

Menteri Pertanian "Kickoff" KPT di Hariarapintu, Kepala Desa Siap Sambut Program Pemerintah

Kamis, 02 Maret 2023 | 00:31 WIB Last Updated 2023-03-01T17:31:22Z
Foto bersama | IST

Kabar Center

Masyarakat Hariarapintu telah berbondong-bondong hadir di lokasi pembukaan KPT (Kawasan Pertanian Terpadu) Hariarapintu. Selain untuk menyaksikan hadirnya Menteri Pertanian di desa mereka, bantuan pemerintah terkait PT ini juga menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mereka. 

Pantauan di lokasi, Ibu-ibu menggotong anak kecilnya menuju lokasi. Walau berjarak kurang lebih 1 kilometer, mereka tampak semangat menuju lokasi. Ternyata mereka semua tergabung dalam kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan serta terlibat langsung dalam KPT Hariarapintu.

Wajar saja semangat masyarakat menyertai mereka. Tak tanggung-tanggung sejumlah bantuan terkait pengembangan KPT ini telah disiapkan. Secara langsung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan bersama Bupati Samosir dan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI kepada kelompok tani Saor Nauli sebanyak 25 ton bibit bawang merah senilai Rp. 1,1 M, kelompok tani Utama Tani untuk pengembangan 10 ha kawasan bawang merah senilai 440 juta, kelompok tani Saut Tani I bantuan kentang untuk lahan 10 ha senilai Rp. 440 juta, kelompok tani Jadi Tani bantuan pengembangan aneka cabai seluas 50 ha senilai Rp. 550 juta, kelompok tani Taruli Tani bantuan pengembangan kawasan kubis 10 ha senilai Rp. 80 juta, Kelompok tani Saut Tani II bantuan 1 unit Green House senilai Rp. 200 juta, Kelompok Tani Saut tani III bantuan pengembangan kawasan Bombay 1 ha senilai Rp. 36,5 juta, Kelompok tani Maju bantuan pengembangan tanaman kopi seluas 50 ha senilai Rp. 330 juta.

Pengembangan KPT (Kawasan Pertanian Terpadu) Kabupaten Samosir Sumatera Utara tepatnya berada di Desa Hariarapintu Kecamatan Harian hingga tahun 2025 diproyeksikan untuk areal seluas 2.650 ha dengan Kawasan eksisting seluas 234 ha. 

Selanjutnya, telah dilakukan olah lahan dan siap tanam seluas 63 ha yang akan ditanami kentang 40 ha, kubis 10 ha, bawang putih 5 ha, bawang merah 5 ha dan bawang Bombay 1 ha. 

Hal itu disampaikan langsung Bupati Samosir di dihadapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo setelah tiba di lokasi penanaman perdana kentang pada KPT Hariarapintu.

Saat itu, Syahrul Yasin Limpo hadir Bersama Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung. Disambut dengan tortor panomunomuan oleh anak-anak Sanggar Sipirnitondi Kecamatan Harian. Menteri Pertanian tampak bersemangat di hadapan anak-anak kecil yang manortor menyambutnya.

Pemerintah Kabupaten Samosir merencanakan pengembangan komoditi holtikultura seluas 1.000 ha yang dilaksanakan secara bertahap dengan tahap awal (tahun 2023) seluas 234 ha. 

Sementara, Kepala Desa Hariarapintu Hannes E Sihotang siap Menyambut KPT. Kepada Kabar Center,  Hannes E Sihotang Kepala Desa Hariarapintu siap mensukseskan pengembangan KPT di desanya. 

Meski terlihat sibuk pada persiapan acara, Hannes mengaku sangat bangga dimasa periodenya Kawasan pertanian Terpadu ini bisa terwujud.

“Perlu kerja keras untuk suksesnya pengembangan pertanian di desa kita ini. Sangat optimis kita bisa berhasil. Pemerintah pusat telah banyak membantu desa ini dalam hal pertanian. Bersama masyarakat kami siap mengembangkan Kawasan ini untuk pertanian yang lebih maju," kata Hannes saat ditanyakan kesiapannya sebagai Kepala Desa.

Hannes E. Sihotang adalah kepala desa tamatan Sarjana Ekonomi yang memilih untuk bertani di kampung. Mencalonkan pertama sekali sebagai kepala desa, masyarakat langsung mayoritas memberi kepercayaan padanya sebagai kepala desa.

Banyak hal telah dilakukan, termasuk sudah banyak bantuan pemerintah dari hasil komunikasi yang baik Pemerintah Desa dengan semua pihak yang membantu. 

Menurut informasi yang dihimpun media, tahun 2019 Hannes melalui Dana Desa telah membuat pengadaan tractor untuk pertanian. Hal ini menurut dia, demi kepentingan masyarakat petani di Desanya. (Kc/febe)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini