Notification

×

Iklan

Iklan

Bawaslu Humbahas Laksanakan Sosialisasi Pemilu 2024

Jumat, 24 Februari 2023 | 14:15 WIB Last Updated 2023-02-24T07:15:16Z

Kabar Center

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Humbang Hasundutan melaksanakan Sosialisasi Pentingnya Pengawasan Pemilu Partisipatif dalam mengawal Pemilihan Umum Serentak TAhun 2024 di Hotel Martin Anugrah (24/2).

Dalam sosialisai kali ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari mahasiswa STIKES Doloksanggul, Karang Taruna, PWI Humbang Hasundutan, PWRI Humbang Hasundutan, Sanggar seni budaya, alumni Sekolah Kader Pengawasan (SKPP) serta Anggota Panwascam Kordiv HPPH.

Dengan thema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu” BAWASLU Humbang Hasundutan menghadirkan Narasumber Ketus BAWASLU RI periode 2017 – 2022 Abhan, SH, MH.

Abhan dalam materinya menyampaikan tentang syarat pemantau pemilu, seperti bersifat independent, mempunyai sumber dana yang jelas, terlegalisasi dan terakreditasi di Bawaslu. 

“Pentingnya Lembaga pemantau untuk kondisi Humbang Hasundutan pada pemilihan kepala daerah sebelumnya adalah bahwa untuk calon tunggal yang bisa mengajukan sengketa pilkada hanya Lembaga Pemantau yang resmi," kata Abhan saat membahas Pilkada Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2020.
 
“Sebanyak sekitar 129 ribu DPT di Humbang Hasundutan diharapkan dapat menjadi pemantau pemilu walau dengan level peran yang berbeda-beda,” ungkap Abhan. 

Abhan menyebut, bahwa level peran masyarakat dibagi menjadi 3 level, yaitu level sebagai Pemilih (Voter), observer, masyarakat sebagai judge atau yang menilai pemilu.

Sesi kedua, BAWASLU Humbang Hasundutan juga mendatangkan Narasumber dari Jakarta Anggota BAWASLU RI periode 2017 – 2022 Frizt Edwart Siregar. 

Frizt dalam pemaparannya sangat menekankan semangat dalam mempersiapkan pelaksanaan pemilu mendatang.

Suhadi Sukendar Situmorang (Anggota Bawaslu Sumuatera Utara) dalam momen ini bertugas sebagai moderator.

Turut hadir juga Hendrik Sitinjak (Anggota Bawaslu Sumatera Utara) serta Ketua Bawaslu Kab. Humbahas, Henri W. Pasaribu yang didampingi Anggota Bawaslu Kab. Humbahas, Efrida Purba Jahormat Lumbantoruan, S.sos dan Koordiv. PPPS Efrida Purba, S.sos, MAP dan Koordinator Sekretariat, Drs. Robinson Hasugian. (Kc-Febe)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini