Notification

×

Iklan

Iklan

Ngantor di Desa Sinabulan, Bupati Samosir: Untuk Melayani

Senin, 06 Februari 2023 | 17:48 WIB Last Updated 2023-02-06T13:26:46Z
Bupati Samosir di Desa Sinabulan

Kabar Center

Masih dalam rangkaian Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa), Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom kembali berkantor di Desa Sinabulan-Kecamatan Pangururan, (06/02).

Hadir Wakil Ketua DPRD Samosir, Pantas M. Sinaga, Nasib Simbolon, anggota Saurtua Silalahi, Pj. Sekda Waston Simbolon, Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang dan pimpinan OPD.

Kehadiran Bupati Samosir di Desa Sinabulan guna memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat diantarannya, pelayanan kesehatan gratis, bantuan makanan tambahan kepada balita, pemberian makanan tambahan kepada Bumil, pelayanan administrasi kependudukan, pembukaan jalan usaha tani, penyuluhan KB, sosialisasi pembuatan pupuk organik, bantuan pertanian, bantuan pendidikan, pengurusan ijin berusaha, pelayanan pengurusan BPJS,  serta berbagai program pelayanan lainnya. 

Dalam kunjungan ke Kantor Desa Sinabulan, Bupati Samosir mengecek langsung kehadiran Kepala desa beserta seluruh perangkatnya. Memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan lancar.

Program Bunga Desa yang dibuat Bupati Samosir  untuk melihat secara langsung kondisi Desa, bersilaturahmi dan serta bertemu langsung dengan masyarakat untuk menampung aspirasi maupun berbagai kendala atau permasalahan yang dihadapi masyarakat. 

Untuk itu, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menghimbau agar masyarakat Desa Sinabulan memanfaatkan pelayanan dengan baik. Bupati melayani masyarakat bersama dengan kepala desa. "Kami datang untuk melayani, bukan untuk dilayani. Masyarakat tidak usah segan-segan, kehadiran kami untuk membantu desa, memberikan pelayanan kepada masyarakat" ungkap Vandiko. 

Pelayanan administrasi yang dibawa Bupati Samosir dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Pengurusan berbagai  dokumen masyarakat Desa Sinabulan berlangsung tepat dan cepat selesai.  Bupati Samosir menyerahkan secara langsung dokumen kependudukan, BPJS, dan  surat ijin berusaha kepada masyarakat.

Selain memberikan pelayanan pengurusan dokumen secara langsung kepada masyarakat, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom  juga mengunjungi pusat kerajinan UMKM, memberikan bantuan pupuk organik cair/ padat kepada petani 5 kelompok tani dan bantuan pendidikan kepada siswa berprestasi dan kurang mampu SDN 31 Siriaon.

Bupati Samosir melihat secara langsung proses pembuatan  berbagai produk anyaman  Desa Sinabulan. UMKM Desa Sinabulan terkenal dengan pembuatan produk anyaman seperti tampi, keranjang dan berbagai produk lainnya.

Bupati Samosir menyapa dan memotivasi pengrajin untuk lebih bersemangat dan berinovasi untuk kelancaran UMKM Desa Sinabulan.

Kepala Desa Sinabulan, Karsio Situmorang menyampaikan usulan pembukaan jalan pada tiga akses prioritas yaitu jalan dari Dusun 2 tembus ke Lumban Suhi-suhi, jalan dusun 1 mengarah Lumban Suhi-suhi Dolok yang sedang dikerjakan dengan alat berat, penataan jalan yang sudah ada untuk mendukung potensi pertanian.

Sementara itu, pelaku UMKM meminta perhatian dan dukungan pemerintah untuk melakukan pembinaan dan terlebih untuk pemasaran hasil produk anyaman serta kemudahan pengurusan ijin.

Dihadapan masyarakat, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menyampaikan ,kehadiran di desa untuk memastikan segala pelayanan berjalan dengan baik. 

Bupati Samosir mendukung pengembangan desa wisata anduri  "kami akan promosikan dan mendukung UMKM kampung anduri, membantu pendampingan, pembinaan dan pengurusan ijin" ucap Vandiko

Lebih lanjut disampaikan, berkantor di Desa untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, membantu masyarakat dari sisi biaya sehingga biaya yang seyogianya dilakukan untu mengurus dokumen dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain. Seluruh pelayanan yang dibawa Bupati Samosir gratis. Mendekatkan pembangunan, sehingga apa yang menjadi keluhan masyarakat dapat diselesaikan baik secara langsung maupun melalui perencanaan pembangunan selanjutnya.

Menanggapi permohonan masyarakat untuk membuka jalan sepanjang 1,5 Km, (Siriaon-Lumban Suhi-suhi Dolok) Bupati Samosir  mengerahkan alat berat dan akan disirtu. Dalam hal ini Bupati Samosir mengajak masyarakat untuk bersedia menyerahkan lahan  pembukaan jalan. 

Menjamin kesehatan masyarakat, Vandiko terus melakukan percepatan BPJS gratis bagi masyarakat. Kondisi saat ini  97,7 persen masyarakat sudah memiliki BPJS dan mendapat penghargaan dari pemerintah pusat. Bupati Samosir mengingatkan petugas kesehatan untuk melayani masyarakat dengan bagus. 

"Kami ke desa betul-betul kerja, turun langsung sehingga pembangunan itu benar-benar bisa dirasakan masyarakat. Dengan anggaran yang sedikit berusaha agar pembangunan dirasakan masyakarat sampai ketingkat desa. Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat" ucap Vandiko 

Untuk tahun 2023, Pemkab Samosir akan melakukan Rekontruksi jalan  Peabulu di Desa Sinabulan. Sebagai bentuk perhatian, Bupati Samosir memberikan anggaran 100 juta kepada desa Sinabulan. 

Bupati Samosir menjelaskan kebutuhan pupuk bersubsidi untuk masyarakat terbatas, sebagai solusi, Bupati Samosir memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik kepada petani sehingga kebutuhan pupuk dapat terpenuhi.

"Kelompok Tani harus belajar membuat pupuk organik cair dan padat. Dapat dijual untuk peningkatan perekonomian" tambah Vandiko.

Kepada kelompok tani, Bupati Samosir menghimbau agar petani menyiapkan pupuk organik sebelum musim tanam. Dengan pupuk organik hasil pertanian juga baik dan memuaskan.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir Nasib Simbolon, Pantas M. Sinaga dan Anggota DPRD Samosir Saurtua Silalahi mengatakan bahwa DPRD mendukung pemerintahan Bupati dan Wabup Samosir. Menyejahterakan masyarakat dengan berbagai program pembangunan baik dari sisi kesehatan, pendidikan dan pembangunan infrastruktur. (Rel)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini