TNI di Samosir Ikuti Upacara Hari Pahlawan ke-77

JM
Kamis, 10 November 2022, 11:43 WIB Last Updated 2022-11-10T04:46:02Z

Foto bersama usai pelaksanaan Upacara Hari Pahlawan ke-77 di Tanah Lapang Pangururan

KABARCENTER.com

Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ada di Kabupaten Samosir turut mengikuti upacara Hari Pahlawan ke-77 di Tanah Lapang Pangururan, Kamis (10/11).

Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon bertindak sebagai Inspektur Upacara dan upacara dipimpin oleh Kapt. Inf. Sugiono.

Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon menyampaikan, Hari Pahlawan setiap tahun diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup sebagai Bangsa dan Negara Merdeka. 

"Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa. Dari para Pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya," kata Mensos dalam amanatnya. 

Dilanjutkan, para Pejuang Kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga. 

"Para Pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan kita, Anak dan Cucu kandung Revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan. Para Pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk Kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan Berkat dan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa," katanya.

"Saudara-saudara, sebangsa dan setanah air. Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan Ancaman dan Tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh," lanjut Mensos.

Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para Pejuang Muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan Bangsa dan Negara tercinta. 

"Saudara-saudara, sebangsa dan setanah air. Teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Seloka Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Mensos mengajak agar momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, sekitar dan seterusnya. semangat dan nilai-nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan bersama.

"Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para Pahlawan. Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur Pahlawan. Bersama kita perkuat persatuan dan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan Amanat Pahlawan Bangsa," ujarnya.

Mensos juga mengajak untuk memberantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah-belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Melawan paham radikal, menumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah.

"Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa-masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi Pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022," sebut Mensos di akhir amanatnya.

Upacara Hari Pahlawan ke-77 di Tanah Lapang Pangururan itu juga dihadiri, Sekdakab Samosir, Asisten I Kab. Samosir, Asisten II Kab. Samosir, Kasdim 0210/TU, Danramil 03/Pangururan, Danramil 02/Nanggolan, Kasi Intel Kajari Samosir, ASN Kab. Samosir, siswa/siswi SMU dan personel Koramil jajaran se- Kab.samosir.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+