Togaraja, Pesona Baru Destinasi Super Prioritas Danau Toba

Kabar Center
Rabu, 22 Juni 2022, 19:06 WIB Last Updated 2022-06-22T12:06:45Z

Gazebo tempat bersantai di Togaraja (Foto : Harmoko Sinaga)

KABARCENTER.com

Samosir - Terpampang nyata di depan mata, keindahan alam yang tersusun layaknya peta hidup yang indah. Berdiri menatapnya seakan memperhatikan penunjuk arah menuju keindahan-keindahan lainnya yang menjadi pesona wisata Negeri Indah Kepingan Surga ini. 

Dari titik ini kita bisa menikmati lekukan Sibeabea yang indah. Titik ini kita bisa menatap Menara Pandang Tele, posisi Togaraja masih lebih tinggi dari menara itu. Di sini juga kita juga bisa menyaksikan pesona Bukit Holbung dan dari titik ini kita bisa menyusuri dengan pandangan mata Lembah Harian.

Pesona yang paling utama adalah, dari titik ini kita bisa melihat kemegahan Gunung Pussuk Buhit, gunung dengan ketinggian 1.982 mdpl ini berpadu dengan Keindahan Danau Toba. Lekukan bukit-bukit di tepi Danau Toba bak lukisan yang sempurna untuk kita nikmati. 

Semakin jauh kita memandang, semakin banyak pula titik-titik keindahan alam yang satu persatu kita sebutkan. Peta hidup itulah gambaran yang tersaji bila Sobat Wisata Danau Toba berjalan-jalan menuju Togaraja. Bukit negeri di atas awan tepatnya berada di Desa Wisata Partungko Naginjang Kecamatan Harian Kabupaten Samosir Sumatra Utara.

Sanggar Sipinirni Tondi Desa Wisata Partungko Naginjang diabadikan di atas panggung dengan Background Gunung Pussuk Buhit (Gambar : Harmoko Sinaga)

Togaraja adalah pilihan baru dari sederet objek wisata yang ada di Kecamatan Harian. Terpopuler ada Air Terjun Efrata, memiliki keterikatan tersendiri dengan Desa Wisata Partungko Naginjang. Aliran Air Terjun Efrata berada dan melewati Desa Wisata Air Terjun Efrata. 

Dan Air Terjun Efrata tepat berada di bawah Togaraja. Walau tak tampak dengan jelas Air Terjun ini dari titik Togaraja setidaknya di Desa Wisata Partungko Naginjang kita bisa melihat aliran air menuju Air Terjun Efrata.

Menuju Togaraja, wisatawan dengan jalur Doloksanggul dan Sidikalang sangatlah sempurna berwisata di objek wisata yang dikelola oleh Bumdes Sappinur Bunga Desa Wisata Partungko Naginjang ini.

Bila telah tiba di Tele, sederetan rumah kuliner tempat beristirahat menikmati kopi hangat dan lampet (Jajanan tradisional khas Batak) atau bahkan makan melepaskan lelah dan lapar ditemani embun pagi, Objek Wisata Togaraja hanya sekitar 3000 meter lagi dari tempat beristirahat ini. 

Arahkan google Map ketik "Togaraja" atau "dolok Togaraja", maka kita akan dipandu tiba di lokasi tersebut.

View alam yang tersaji dengan foto Pano melalui Drone (Gambar : Frederick Jo Simbolon)

Dari Simpang Tele, kita arahkan kendaraan menuju arah Doloksanggul, berputar ke kiri setelah 500 meter. Di simpang ada sign/tanda yang mengarahkan kita menuju Togaraja. 

Dari Simpang menuju lokasi wisata kita menempuh jarak kurang lebih 2500 meter dengan jalan sertunisasi, sangat nyaman untuk kendaraan kita. Tadi di simpang supaya lebih pasti, persis 10 langkah dari simpang ada bangunan SMP Kecamatan Harian. Bila sudah melihatnya, kita sudah tepat jalan terus masuk menuju Togaraja.
  
Sedangkan dari arah Doloksanggul, atau wisatawan dengan penerbangan Silangit, 500 meter sebelum Simpang Tele kita belok kanan. Dari Silangit hingga Togaraja kita menghabiskan waktu sekitar 2  (dua) jam atau jarak sekitar 80 kilometer menuju Kabupaten Samosir. 

Togaraja bisa menjadi objek wisata pertama sebelum turun menuju Pulau Samosir. Perhatikan saja tanda arah yang berada di pinggir jalan menjadi panduan menuju Togaraja.

Togaraja dengan segala pesonanya hadir dengan berbagai aktivitas yang bisa kita nikmati. Tracking atau jalan santai menuju titik-titik lain, menjadi pesona lain yang disuguhkan dengan alam yang sempurna untuk kita abadikan.

Camping sangat tepat menjadi pilihan berlibur di Togaraja. Togaraja menjadi tempat wisata paling sempurna untuk camping ria. Kenapa demikian? Togaraja akan memberikan Sunrise dan Sunset yang cukup memukau untuk kita nikmati. Sekarang karena hal ini, Preweding telah dilirik pasangan untuk diabadikan di Togaraja.

ATV salah satu permainan yang bisa kita nikmati di Togaraja (Foto : Harmoko Sinaga)

Permainan ATV, ngopi, santai di Gazebo, selfie dengan latar belakang Gunung Pussuk Buhit dan Danau Toba, nge-konten dengan alam yang sempurna, tempat makan serasa surganya alam, berdoa di Goa Panonggor, Agrowisata kentang, kebun Strawberry, melihat tanaman bumbu asli orang Batak Andaliman adalah hal-hal yang bisa temukan di Togaraja.

Desa Wisata Partungko Naginjang adalah salah satu desa yang berada di ketinggian dari wilayah Kabupaten Samosir. Pertanian kentang menjadi pekerjaan utama dari masyarakat desa ini. Dengan potensi ini, Bumdes menjadikan potensi ini menjadi Agrowisata Kentang di Danau Toba. Mulai dari menanam hingga panen sekaligus membawa hasil pangen pulang menjadi paket wisata bersama dengan keindahan alam Togaraja.

Togaraja dengan alamnya akan kita lihat begitu sederhana. Dengan konsep alam apa adanya tanpa banyak memberikan sentuhan modernisasi, kita tidak akan menemukan sederet fasilitas yang seperti tempat wisata dengan sentuhan arsitek dan estetika yang menawan. 

Tapi Togaraja akan kita lihat seperti alam apa adanya. Letak kekuatan pesonanya adalah pada keindahan alam tanpa sentuhan-sentuhan yang merusak alam yang ada. 

Hal-hal yang tertuang dalam tulisan ini akan terasa tidak nyata tanpa kita hadir berada di titik alam ini. Togaraja dengan karcis Rp. 5.000 dan parkir sepeda motor Rp. 5.000 dan roda empat Rp. 10.000 tentunya bukan nilai yang besar untuk pesona yang tersajikan dari Togaraja.

Kecamatan Harian merupakan kecamatan yang ada di Kabupaten Samosir yang berada di luar Pulau Samosir. Togaraja adalah salah satu destinasi yang ada di Kecamatan Harian, selanjutnya wisatawan dapat menikmati traveling menuju Menara Pandang Tele. 

Menara ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Samosir, tetapi tetap berada di wilayah Desa Wisata Partungko Naginjang. 
Paduan paket wisata dari Togaraja menuju Menara Pandang Tele, lanjut ke Air Terjun Efrata, Sibeabea, Bukit Holbung, Fishing Camp Pantai Siarubung adalah paket wisata andalan yang ada di Kabupaten Samosir. Dari sederet objek wisata tersebut, Togaraja-lah yang merupakan destinasi dengan ketinggian alam yang sejuk dan menyegarkan. 

Penulis: Harmoko Sinaga

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+