Danramil 03/Pangururan dan Personel TNI Ikuti Upacara Harkitnas

JM
Jumat, 20 Mei 2022, 10:42 WIB Last Updated 2022-08-29T03:11:03Z

Upacara Hari Kebangkitan Nasional di halaman Kantor Bupati Samosir

KABARCENTER.com

Komandan Rayon Militer 03/Pangururan Kapt. Inf. Donald Panjaitan bersama personel TNI turut mengikuti upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2022 di halaman Kantor Bupati Samosir, Jumat (20/05).

Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022 dengan tema 'Ayo Bangkit Bersama!' tersebut dipimpin oleh Plt. Sekda Samosir Hot Raja Sitanggang.

Upacara juga ikut dihadiri Waka Polres Samosir, SKPD jajaran Kabupaten Samosir, personel Polres Samosir dan PNS Pemkab Samosir.

Diinformasikan, Hari Kebangkitan Nasional adalah sebuah momen di mana bangsa Indonesia pada tahun 1908 mulai membangkitkan semangat perjuangan untuk meraih kemerdekaan.

Melansir portal kemdikbud, pada tahun 2022 ini, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 memiliki tema “Ayo Bangkit Bersama!”. Tema ini diangkat dalam rangka seruan kebangkitan bersama bangsa Indonesia setelah berjuang menghadapi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama dua tahun lebih.

Semangat Boedi Oetomo dinilai masih relevan dengan kondisi Indonesia saat ini yang masih berjuang di tengah kondisi ekonomi dunia, ketegangan geopolitik global, dan juga tentunya bergerak sedikit demi sedikit mencoba bangkit dari pandemi Covid-19.

Pada tanggal 20 Mei 1908 berdiri sebuah organisasi yang menjadi pelopor pergerakan nasional anak bangsa, yakni Boedi Oetomo. Boedi Oetomo merupakan organisasi pelajar yang bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan yang bersifat nonpolitik. 

Beberapa tokoh cendekiawan dan aktivis intelektual menjadi pemrakarsa organisasi ini. Sebut saja dr. Cipto Mangunkusumo, Gunawan, Suraji, dan R.T. Ario Tirtokusumo, dan juga beberapa mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen). 

Selain berperan sebagai institusi pembelajaran bagi remaja-remaja pribumi, STOVIA sendiri menjadi wadah untuk mereka dalam menumbuhkan semangat nasionalisme. Di sana mereka bisa bertukar ide dan pemikiran untuk memajukan masyarakat pribumi.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+