Kapolri dan 3 Menteri Kunjungi Rest Area di Karawang, Tinjau Kesiapan Pengamanan Mudik Lebaran 2022

JM
Selasa, 26 April 2022, 19:34 WIB Last Updated 2022-08-29T03:11:03Z

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Perhubungan Budi Karya, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Rest Area KM 57 Jalan Tol Jakarta–Cikampek

KABARCENTER.com

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Perhubungan Budi Karya, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pengamanan mudik Lebaran, di Rest Area KM 57 Jalan Tol Jakarta–Cikampek, Selasa (26/4).

Rombongan Kapolri dan para menteri mengunjungi rest area di wilayah Kabupaten Karawang, dengan menaiki helikopter. Kapolri dan para menteri meninjau kesiapan pengamanan mudik Lebaran 2022 di sekitar Rest Area Km 57, seperti meninjau kesiapan stok BBM, teknis penanganan arus lalu lintas, dan lain-lain.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menjelaskan di depan Kapolri dan para menteri terkait, ada pelayanan vaksinasi booster di Km 57 Jalan Tol Jakarta–Cikampek.

Dia mengatakan, antusias masyarakat mengikuti vaksinasi booster cukup tinggi seiring dengan adanya ketentuan dari pemerintah agar warga yang mudik melakukan vaksinasi booster.

Sementara itu, PT Pertamina (Persero) di Rest Area Km 57 Tol Jakarta–Cikampek pada musim mudik Lebaran 2022 dipastikan stok BBM aman. PT Pertamina menyiapkan sejumlah antisipasi dalam menghadapi permasalahan stok BBM, seperti menurunkan motoris untuk membantu pemudik yang kehabisan BBM di jalan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, pelaksanaan dalam rencana penanganan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini dapat dilaksanakan secara konsisten. 

”Hari ini (26/4) di rest area Km 57 jalan Tol Jakarta–Cikampek, kami telah menerima presentasi penanganan mudik dari empat Dirlantas, yakni dari Lampung, Banten, DKI, dan Jabar,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Menurutnya, penanganan mudik Lebaran di sejumlah daerah itu dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah didiskusikan berbagai pihak. Khususnya, Polri dan sejumlah kementerian.

Menhub mengimbau agar penanganan mudik yang telah direncanakan, baik ganjil-genap, one way maupun contra flow, dilakukan konsisten. ”Semua penanganannya harus dilakukan konsisten (agar bisa berjalan lancar),” kata Budi.

Menhub juga meminta masyarakat tidak mudik menggunakan motor. Sebab sangat berbahaya. Dia juga mengimbau agar perusahaan di wilayah Karawang menggelar mudik gratis, untuk mengurangi warga yang mudik menggunakan motor.

”Kami imbau perusahaan menggelar mudik gratis. Kami kira biayanya tidak terlalu mahal, itu sangat membantu karyawan yang akan mudik,” kata Budi. (kc7/at)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+