Laguran dan TNI di Pangururan Tingkatkan Potensi Warga Binaan

JM
Rabu, 02 Maret 2022, 14:02 WIB Last Updated 2022-03-02T07:02:56Z

Kalapas bersama anggota TNI Koramil 03/Pangururan memperlihatkan salah satu hasil kerajinan tangan warga binaan 

KABARCENTER.com

Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Pangururan (Laguran) Kanwil Kemenkumham Sumut bersama TNI Koramil 03/Pangururan membuat dan mendorong warga binaan terus meningkatkan potensi ketrampilan yang mereka miliki.

"Ketrampilan yang ada dalam diri mereka (warga binaan) terus dibina terutama ketrampilan tangan. Sebagai TNI, kita berikan motivasi atau semangat, agar nantinya ketrampilan itu bisa digunakan ketika keluar dari lapas," kata Danramil 03/Pangururan Kapt. Inf. Donald Panjaitan melalui Serka Santoso, kepada wartawan, Rabu (02/03).

Kegiatan positif yang dilakukan warga binaan lanjut Santoso, akan berdampak nantinya ketika para warga binaan berbaur kembali dengan masyarakat. Kehadiran TNI juga mendapat sambutan baik dari warga binaan. 

"Hasil dari kreatifitas mereka nantinya bisa dipasarkan sehingga akan menambah penghasilan," pungkasnya.

Sementara itu, Kalapas Kelas III Pangururan Julius Barus, S.E.,ketika ditemui di ruangannya mengatakan, dalam membuat berbagai kreatifitas, warga binaan tidak memiliki instruktur.

"Jadi kemampuan yang ada pada mereka sendiri dikembangkan. Kita memfasilitasi mereka sehingga potensi ketrampilan yang ada pada warga binaan akan semakin berkembang," kata Julius.

Dikatakan, dengan keterbatasan yang ada di Lapas Kelas III Pangururan saat ini, tidak menjadikannya surut dalam memberikan pembinaan. Apa yang dilakukan warga binaan saat ini, kata Julius akan sangat berguna kelak ketika telah bebas.

Miniatur Rumah Adat hasil kerajinan tangan warga binaan Lapas Kelas III Pangururan

"Meski telah bebas, kami juga akan melakukan monitoring terhadap ketrampilan yang mereka miliki. Semisal kalau memang mau, kita ajak bekerjasama," katanya.

Hasil ketrampilan yang telah selesai dibuat kata Julius akan diberikan kepada pihak Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Koperasi, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan.

Amatan wartawan di lokasi, beberapa hasil kerajinan tangan yang dibuat warga binaan Lapas Kelas III Pangururan diantaranya, tikar, keranjang tangan, miniatur Rumah Adat Batak, dan banyak miniatur lainnya.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+