Bantu Pasien Covid-19 yang Isoman, Kedai Bakmi di Cirebon Beri Makanan Gratis

G.M
Selasa, 27 Juli 2021, 16:21 WIB Last Updated 2021-07-27T09:21:12Z


Kabar Center - Cirebon

Banyak cara dilakukan orang untuk membantu warga yang terkena Covid-19. Ada dengan bantuan uang, dukungan semangat dan bahkan ada yang mengirimkan makanan dengan cuma-cuma.

Seperti yang dilakukan Kedai Bakmi Jowo Sultan yang menyediakan makanan gratis bagi mereka yang menjalani isoman.

Kedai Bakmi Jowo Sultan yang terletak di Jalan Ampera Raya Kota Cirebon, Jawa Barat, itu sudah melayani pasien COVID-19 secara gratis sejak tiga pekan lalu. 

"Kita mulai lakukan waktu PPKM darurat. Kita tergerak untuk sama-sama meringankan yang terpapar COVID-19. Gratis," kata Aliman selaku penanggungjawab Bakmi Jowo Sultan seperti dilansir detikcom, Selasa (27/7/2021).

Saat ini kata Aliman, tercatat sebanyak 60 kartu keluarga (KK) yang dibantu Bakmi Jowo Sultan. "Dari 60 KK ini, kita kirim sebanyak 130 sampai 145 porsi setiap harinya," ungkapnya.

Aliman mengatakan pasien COVID-19 yang ingin mendapatkan layanan gratis dari Bakmi Jowo Sultan cukup melampirkan surat keterangan hasil swab PCR positif, fotokopi KTP dan KK. 

"Mereka akan mendapatkan layanan makanan gratis selama isoman, maksimal 10 hari. Setiap hari kita kirim," tutur Aliman.

Aliman menambahkan, pengiriman makanan gratis kepada pasien COVID-19 itu dilakukan pada pagi hari. Sebelumnya, dilakukan pada pagi dan sore. "Sekarang hanya pagi. Yang jatah sore kita kirimnya pagi juga," ujar Aliman.

"Kita kirim di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon. Ya melibatkan dua pekerja untuk mengirim, kami membiayai mereka juga," ucap Aliman menambahkan.

Aliman menyebutkan untuk membantu pasien COVID-19 yang tengah isoman itu pihaknya mengeluarkan sebesar Rp 3,5 juta per hari. "Ini murni sedekah. Ya dari hamba Allah," tuturnya.

"Kita juga masih melayani pembeli. Kalau kedai ini dibuka sekitar satu tahunan setengah, ya awal pandemi COVID-19. Dulu awal-awal pesanan bisa ratusan porsi. Sekarang paling 15 porsi setelah ada PPKM, sebelum PPKM sekitar 40 porsi sehari," lanjut Aliman.

Disebutkan Aliman, untuk menu makanan yang dikirim ke pasien COVID-19 tak hanya mi ayam atau bakmi. Menu yang dikirim merupakan makanan sehat agar.

"Sayuran, ikan, ayam dan lainnya. Kalau mi ayam pasti dikasih, paling satu porsi untuk masing-masing KK. Selebihnya makanan sehat," pungkasnya.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+