Perangkat dan Jaringan 5G Tingkatkan Smart House

Kabar Center
Selasa, 09 Maret 2021, 18:52 WIB Last Updated 2021-05-31T15:53:46Z
Ilustrasi gadget | net

Kabar Center

Penggunaan digital dari hari ke hari semakin meningkat di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Berbagai produsen perangkat yang mendukung jaringan 5G berlomba untuk menciptakan produk terbaiknya, salah satunya yaitu Samsung Galaxy S21 Series 5G yang baru dirilis pertengahan Januari 2021 lalu.

Peningkatan kegiatan digital dan internet terlihat dalam hasil penelitian yang dibagikan di ajang Samsung Galaxy S21 Series 5G Tech Series Workshop bertajuk 5G Myth Busting.

Hasil penelitian menyebutkan penggunaan platform streaming meningkat tajam. Konsumsi konten di Youtube meningkat 98,5 persen, lalu aktivitas menonton vlog naik 74,3 persen, serta streaming musik mengalami peningkatan 84 persen.

Selain itu, ada peningkatan di bidang radio online sebesar 52 persen serta pemutaran podcast sebesar 58 persen.

Sehingga, ke depan gaya hidup digital di Indonesia khususnya akan semakin meningkat juga.

Product Marketing Manager Samsung Mobile, PT Samsung Electronics Indonesia, Taufiqul Furqan menyebut produk terbaru Samsung yang telah mendukung 5G akan mendukung pencapaian tersebut. Pembaruan chipset yang digunakan, disebut akan meningkatkan pengalaman streaming menjadi lebih cepat.

“Modem Exynos 2100 bisa membuat streaming jadi lebih cepat. Di 5G bisa ke 2K atau 4K. Experience menikmati konten jadi lebih tinggi,” ujar Taufiqul, dalam acara yang dilangsungkan virtual tersebut, Selasa (9/3/2021).

Pada perangkat yang telah dilengkapi dengan kemampuan reduksi delay, pengguna akan mendapatkan pengalaman respons secara real-time.

Terlebih lagi, bagi pengguna yang suka bermain gim di smartphonenya, termasuk cloud gaming, dipastikan Taufiqul akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Lagi-lagi, karena perangkat yang telah mendukung percepatan sinyal 5G.

Kemudian, fitur Intelligence Battery yang telah disematkan juga dapat menghemat penggunaan daya perangkat.

Tak hanya itu, kehadiran perangkat dan jaringan 5G juga akan menopang ekosistem Internet of Things (IoT) di rumahan. Artinya, akan semakin banyak Smart House yang memanfaatkan kemajuan teknologi.

“Kita punya SmartThings, itu bisa connect ke devices lain teknologi di rumah,” tambahnya.

Mengenai device yang ada di Samsung lanjutnya, itu jadi peluang kolaborasi dengan Telkomsel yang nantinya akan berperan sebagai penyedia layanan.

Sebagai informasi, saat ini, semua perangkat Galaxy S21 Series 5G masih pada tahapan mengunci software dukungan jaringan 5G. hal ini, kembali menunggu kebijakan pemerintah memberlakukan layanan berbasis jaringan itu.

“[Selain itu] kita siapkan juga hardware-nya dan sudah mendukung berbagai frekuensi yang nantinya akan digunakan dalam jaringan 5G. Kita juga persiapkan,” katanya.
Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+