Koramil 03/Pangururan Laksanakan Kosmos di Desa Pardugul

JM
Selasa, 16 Maret 2021, 12:31 WIB Last Updated 2021-03-16T05:31:08Z

Komunikasi sosial (kosmos) antara TNI dan Kepala Desa bersama aparatur pemerintah Desa Pardugul

Kabar Center - Samosir

Bintara Pembina Desa Komando Rayon Militer 03/Pangururan melaksanakan komunikasi sosial atau kosmos di Desa Pardugul, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, Selasa (16/03).

Babinsa yang melakukan komunikasi sosial diterima dan disambut Kepala Desa Pardugul Gunawan Sinurat bersama Aparatur Desa.

"Babinsa harus punya kemampuan komunikasi sosial dengan elemen masyarakat dan aparat pemerintah lainnya, sehingga melalui komunikasi tersebut Babinsa dapat mengajak berbagai pihak untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan, penyiapan dan program-program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat," kata Danramil/03 Pangururan Kapt. Inf. Donald Panjaitan ketika dikonfirmasi Kabar Center.

Menurutnya, tanpa komunikasi antara TNI melalui babinsa dengan masyarakat dan pemerintah desa, maka program-program untuk kesejahteraan masyarakat kemungkinan akan terbengkalai. 

"Dengan komunikasi kita dapat mempelajari serta menafsirkan situasi apapun yang akan dihadapi. Dengan komunikasi juga dapat beradaptasi serta mengatasi situasi situasi yang sedang terjadi," katanya.

Fungsi lain dari komunikasi sosial tambah Danramil adalah memudahkan masyarakat dan babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dengan komunikasi bisa dirembukan bersama mencari yang terbaik.

"Komunikasi sosial juga berkaitan erat dengan komunikasi antar satuan atau institusi dalam pembangunan di bidang keamanan. Sehingga perannya sebagai faktor pendukung dalam pelaksanaan program-program pembangunan lain," pungkas Donald Panjaitan.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+