Notification

×

Iklan

Iklan

175 TNI bergabung di MONUSCO, Panglima TNI: Gunakan 'To Win Heart and Mind'

Selasa, 23 Februari 2021 | 15:49 WIB Last Updated 2021-05-31T15:53:46Z
175 Prajurit TNI bergabung di Monusco | dok. TNI

Kabar Center - Jakarta

175 prajurit TNI bergabung dalam misi perdamaian di Kongo yang disebut dengan Satgas MONUSCO. Upacara pelepasan dilaksanakan di di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (23/2/2021).

Kepala Staf Umum (Kasum) Letjen TNI Ganip Warsito pada upacara pelepasan itu membacakan sambutan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Panglima menyampaikan misi perdamaian di Kongo bukan lah tugas yang mudah.

Prajurit Indonesia di misi perdamaian PBB kata Panglima TNI, bukan saja dikenal karena profesionalisme dalam melaksanakan tugas tetapi juga memiliki kemampuan tinggi untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat di tempat tugas. Untuk itu bagaimana mempertahankan dan bahkan meningkatkan pencapaian tersebut menjadi tantangan tersendiri.

"Oleh sebab itu, dengan prinsip 'to win heart and mind’ misi akan berjalan dengan baik dan lancar karena dapat diterima masyarakat di daerah operasi,” katanya.

Hadi berkeyakinan dengan bekal latihan, keterampilan, dan pengetahuan yang telah dimiliki, prajurit satgas dapat mengemban tugas tersebut dengan baik. Dia juga mengimbau para prajurit agar adaptif dan inovatif terhadap kondisi di Kongo.

"Lengkapi lesson learned dari Satgas sebelumnya dengan kemampuan taktis di lapangan yang adaptif dan inovatif untuk mencapai keberhasilan tugas. Selain itu unsur komandan harus benar-benar memahami kemampuan dan batas kemampuan, perincian tugas, prosedur standar operasi ataupun aturan pelibatan yang telah ditentukan," pungkasnya.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini