Notification

×

Iklan

Iklan

Onanrunggu Gelar Musrenbang 2021, Ini Yang Dibahas

Selasa, 23 Februari 2021 | 20:10 WIB Last Updated 2021-05-31T15:53:46Z
Musrenbang Kecamatan Onanrunggu, Selasa (23/02)

Kabar Center - Pangururan

Kecamatan Onanrunggu melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Aula PNPM Desa Pakpahan, Selasa (23/2). Kegiatan ini dibuka oleh Plh. Bupati Samosir yang diwakili oleh Kepala Bappeda Samosir, Rudi Siahaan dan dihadiri oleh anggota DPRD Samosir Komisi III Parluhutan Samosir, Camat Onanrunggu Junita Sinaga, Komandan Rayon Militer Onanrunggu dan Kapolsek Nainggolan/Onanrunggu, para pimpinan SKPD, kepala sekolah SD/SMP, kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Forum Komunikasi Tokoh Masyarakat (FKTM), dan masyarakat umum. 

Dalam laporannya, Camat Onanrunggu Junita Sinaga melaporkan Musrenbang Desa telah dilaksanakan di desa Harian Huta Hotang, Janji Matogu, Onan Runggu, Pakpahan, Pardomuan, Rinabolak, Silima Lombu, Sipira, Sitamiang, Sitinjak, dan Tambun Sungkean. Hasil-hasil Musrenbang Desa ini akan dimusyawarahkan pada tingkat kecamatan untuk selanjutnya ditindaklanjuti pada acara Musrenbang Kabupaten.  

Dalam paparannya, Rudi Siahaan mengingatkan para peserta tentang perubahan kebijakan dalam pengelolaan anggaran sebagai akibat dari pencegahan dan penanganan Covid-19. Oleh karena itu, Rudi Siahaan mengharapkan agar memprogramkan usulan kebutuhan berdasarkan skala prioritas. APBD Samosir Tahun 2021, ungkap Rudi Siahaan, direncanakan mengalokasikan dana vaksin bagi 60.000 warga Samosir. Oleh karena itu, pasti diadakan penyesuaian-penyesuaian terhadap anggaran lain untuk kebutuhan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah. 

Di samping itu, pada tingkat kebupaten, papar Rudi Siahaan, telah ditetapkan enam skala prioritas menurut isu strategis antara lain peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan penurunan angka kemiskinan, pencegahan, penanganan, penanggulan wabah penyakit dan bencana, pelaksanaan reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintah berbasis elektronik, pemulihan ekonomi kerakyatan melalui kearifan lokal dan inovasi daerah, pengelolaan industri pariwisata yang berkelanjutan, peningkatan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana publik untuk mendukung perekonomian masyarakat serta Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Danau Toba. Tahun 2021 ini input usulan telah dioleh dengan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) termasuk Pokir DPRD.

Pada acara Musrenbang disediakan waktu untuk kegiatan interaktif. Dalam sesi interaktif, para peserta menyampaikan usulannya yang mencakup prasarana listrik, tapal batas desa, perbaikan jalan umum, peralatan pertanian, dinas kebersihan, penanganan hama pertanian yang terjadi di desa, perbaikan sarana parasarana pendidikan, dan pompanisasi untuk kebutuhan pengairan sawah.

Secara teknis, untuk menanggapi seluruh usulan diarahkan kepada SKPD teknis memberikan informasi dan menindaklanjutinya. Di samping itu, Kapolsek Nainggolan-Onanrunggu Wilson Harianja juga menyampaikan pentingnya koordinasi masyarakat dengan pihak keamanan dalam menangani kamtibmas dan masalah-masalah dalam masyarakat lainnya.

Di akhir Musrenbang, diadakan pembacaan Berita Hasil Kesepakatan Musrenbang dilanjutkan penandatanganan Berita Acara Musrenbang oleh para kepala desa. 

Setelah itu, Camat Onanrunggu Junita Sinaga menyerahkan hasil Musrenbang yang diterima oleh Kepala Bappeda Samosir Rudi Siahaan untuk ditindaklajuti pada Musrenbang Kabupaten Samosir dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Samosir Tahun 2022.

Anggota DPRD Samosir Komisi III Parluhutan Samosir menyampaikan penekanan bahwa desa masih mempunyai kesempatan untuk melengkapi usul untuk ditindaklanjuti. Di samping itu, Parluhutan Samosir telah menghubungi PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat pada desa-desa yang belum menikmati listrik dengan syarat jalan ke desa dapat dilalui kenderaan roda empat. (*)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini