Notification

×

Iklan

Iklan

Usai Daftar ke KPUD, 9 Cakada di Gorontalo Positif COVID-19

Selasa, 08 September 2020 | 10:45 WIB Last Updated 2023-12-06T02:44:43Z
Ilustrasi

Kabar Center - Gorontalo

Sebanyak 9 bakal calon kepala daerah di Provinsi Gorontalo dinyatakan positif COVID-19 usai mendaftar di KPU Kabupaten Gorontalo, Bone Bolango dan Pohuwato untuk maju di Pilkada 2020.

Mengetahui hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo akan melakukan 'tracking'.

"Kami telah berkonsultasi dengan pihak Dinas Kesehatan terkait 'tracking' tersebut, untuk mengatur jadwal dan kesiapan para komisioner KPU di tiga kabupaten itu, mengingat saat ini tahapan pemeriksaan dokumen bakal pasangan calon sementara berlangsung," kata ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadlyanto Koem di Gorontalo, Selasa (8/9/2020) seperti dilansir Antara.

Meski demikian, pihaknya lanjut dia menjamin seluruh protokol kesehatan dilakukan dengan ketat di setiap aktivitas kantor KPU di tiga kabupaten tersebut.

Bahkan pada proses pendaftaran pada 4-6 September 2020, seluruh komisioner KPU Provinsi Gorontalo menyebar dan memantau serta mengawasi jalannya proses pendaftaran.

Baca juga: Terkena Ledakan Tabung Balon Gas, Seorang Remaja Putri Tewas

Dia memastikan saat pendaftaran tidak ada kontak kulit dengan kulit. Kantor KPU wajib disemprot disinfektan sebelum dan sesudah proses pendaftaran, bakal pasangan calon wajib mencuci tangan dan menggunakan 'handsanitizer' sebelum masuk ruangan.

Bahkan, dokumen yang dibawa pun disemprot cairan disinfektan sebelum masuk ruangan. Ketika ada hal-hal yang kurang, seperti komisioner kegerahan saat memeriksa dokumen kemudian membuka masker dengan menurunkannya ke dagu, langsung ditegur untuk digunakan lagi.

Yang perlu diketahui, katanya, seluruh bakal pasangan calon yang datang mendaftar dalam kondisi sehat. Sembilan bakal calon di antaranya tidak menyadari jika telah terpapar COVID-19.

"Mereka orang tanpa gejala (OTG), yang saat ini diwajibkan melakukan isolasi mandiri serta menunggu jadwal pemeriksaan kesehatan sesuai petunjuk teknis pembuatan jadwal yang disampaikan pihak KPU RI," katanya.

Baca juga: Bupati Pemalang Positif COVID-19, Sempat Bertemu Para Kades

Hingga saat ini, tahapan Pilkada di Provinsi Gorontalo, masih berlangsung normal sesuai jadwal yang telah ditetapkan. (dtc/ant/kc8)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini