1.675 Mahasiswa dan Siswa Sekolah Asal Samosir Terima Bansos Pendidikan dan Beasiswa

JM
Senin, 21 September 2020, 20:15 WIB Last Updated 2020-10-05T10:26:37Z

Kabar Center - Samosir

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM menyerahkan bantuan sosial pendidikan dan beasiswa berprestasi  kepada 1.675 orang Mahasiswa dan siswa mulai PAUD, SD, SMP, SMA/ SMAK/SMK di Kabupaten Samosir. Penyerahan bantuan sosial dan beasiswa dihadiri oleh seluruh penerima/ perwakilan dan orangtua siswa di Pelataran Hotel Dainang-Pangururan, 21/09.

Upaya pemberian beasiswa oleh Pemerintah Kabupaten Samosir untuk menciptakan SDM yang berkwalitas dibidang pendidikan. Beasiswa yang diberikan dibagi dalam kategori siswa berprestasi, siswa yatim/ piatu, mahasiswa masuk Perguruan Tinggi Negeri di Sumut dan luar Sumut, Mahasiswa masuk Perguruan Tinggi Swasta, siswa masuk SMA unggulan.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, Program pemberian beasiswa di Kabupaten Samosir sejak 2017 mengalami kenaikan dan terbukti memberikan semangat dan dorongan kepada anak-anak Samosir untuk lebih berprestasi. Sehingga program ini merupakan program berkelanjutan dengan harapan menciptakan generasi muda yang unggul dan tangguh.

Menurut Bupati, melalui pendidikan akan muncul generasi-generasi yang membangun Samosir secara khusus dan bangsa Indonesia kearah yang lebih baik. Pendidikan yang berkwalitas akan melahirkan generasi yang berkwalitas. "Pemerintah Kabupaten Samosir akan  membantu anak sekolah dengan memberikan beasiswa dan di Samosir tidak akan ada yang putus sekolah akibat ketidak mampuan orangtua, tidak mungkin Samosir bisa maju bila SDM nya tidak bermutu, berkwalitas. Jika mau maju majukan pendidikan" tegas Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Yang paling membanggakan, tahun 2020 ini 2 orang siswa asal Samosir yang kini belajar di SMA Unggul DEL akan menjadi utusan Sumut mengikuti Kompetisi Sciense Nasional (KSN). Kedua siswa asal Samosir ini antara lain, Hilarius Bonatua Sitanggang (Alumni SMP N I Pangururan pada KSN FISIKA dan Patrecencia Hutajulu pada KSN Biologi ( Alumni SMP BUDI MULIA PANGURURAN).

Atas keberhasilan tersebut, Bupati Samosir juga mengapresiasi para guru yang telah mengajar dengan baik, karena keberhasilan tersebut bukan suatu kebetulan. Keberhasilan masuk dalam perguruan tinggi Negeri di Sumut dan Luar Sumatera Juga meningkat (sebanyak 384 orang). Dari target IP 3.00 ternyata mahasiswa asal Samosir di berbagai perguruan tinggi dapat meraih IP 3.25

Terkusus kepada anak yatim piatu, agar tidak cemas dengan masa depannya. Pemkab Samosir akan hadir serta menjamin biaya pendidikan, ungkap Rapidin Simbolon.

Orangtua dari Hilarius Sitanggang menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam kepada Bupati Samosir atas pemberian beasiswa.

"Sebagai orang tua kami telah merasakan keringanan atas  bantuan sehingga dengan ketidak mampuan ekonomi kami dapat menyekolahkan anak kami. Ketika anak kami  berprestasi pemkab hadir menyokong biaya pendidikan". Semoga kedepan semakin banyak anak yang unggul di Samosir ucapnya.

Sementara itu Agnes Alvionita Simbolon mahasiswa kedokteran Universitas Diponegoro mengaku bangga dan percaya diri atas beasiswa yang diberikan Pemkab Samosir, dan berharap bantuan tersebut berkesinambungan hingga menyelesaikan perkuliahan.

"Semoga kami bisa menjadi generasi yang tangguh dan unggul berkat beasiswa Pemkab Samosir" tambah Agnes.

Dalam Pemberian Beasiswa ini, Kadis Pendidikan Kabupaten Samosir Rikardo Hutajulu  mengatakan bahwa Pemkab Samosir juga menggandeng beberapa perusahaan seperti PT. TPL, INALUM dan Sunlife.

Berikut daftar jumlah penerima; PTN Sumut 200 orang, PTS Sumut 226 orang, PTN seluruh Indonesia 122 orang, PTN 5 Besar (tahun 2020) 8 orang, PTN 5 besar (tahun sebelumnya) 5 orang, SMA unggulan 25 orang, SMA berprestasi 183 orang, siswa berprestasi SMP 213 orang, siswa berprestasi SD 401 orang, siswa Yatim piatu SMA 70 orang, siswa yatim piatu SMP 100 , siswa SD yatim piatu 119 dan 3 orang yatim piatu PAUD.

Turut hadir Kepala  Dinas Pendidikan  Cabang Balige, Pimpinan PT. TPL, PT. Inalum dan Pimpinan Sunlife. (Rel)

Baca juga:
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS