Kasus Perdana, Satu anggota DPRD Nias Barat positif COVID-19

G.M
Kamis, 20 Agustus 2020, 16:14 WIB Last Updated 2020-08-20T09:14:59Z
Ilustrasi

Kabar Center - Nias Barat

Salah satu anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara berinisial FH positif terpapar COVID-19 dan saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Karena FH tidak menunjukkan gejala, maka sesuai protokol penanganan COVID-19, dia menjalani isolasi mandiri di rumahnya di bawah pengawasan ketat petugas kesehatan Nias Barat," ujar Sekretaris Daerah Nias Barat Fakhili Gulo di Kota Gunungsitoli, Kamis.

Didampingi Kadis Kesehatan Rahmati Daeli, Kadis Kominfo Faigiziduhu Halawa, Sekda menyebutkan, kasus warga terpapar COVID-19 merupakan kasus pertama di Nias Barat.

Kasus terpaparnya FH bisa terungkap ketika Pemkab Nias Barat melakukan tes cepat atau rapid test terhadap warga di daerah itu yang baru pulang setelah berpergian dari luar daerah.

Sesuai hasil tes cepat sejumlah warga termasuk FH, menunjukkan hasil reaktif, sehingga dilakukan uji usap dengan TCM di Rumah Sakit Umum Gunungsitoli.

Dari hasil TCM terhadap sejumlah spesimen warga tersebut, hanya FH yang dinyatakan positif terpapar COVID-19.

"Karena hasil uji swab FH positif COVID-19, kita melakukan pelacakan dan 25 anggota keluarga FH juga menjalani rapid test," kata Fakhili Gulo.

Baca juga: Wali Kota Bogor Bima Arya Positif Corona, Begini Kronologinya

Hasil tes cepat 25 anggota keluarga FH memperlihatkan delapan orang reaktif dan akan mengikuti tes cepat ulang.

"Jika hasilnya tetap reaktif maka akan kita lakukan uji usap TCM di Rumah Sakit Umum Gunungsitoli," ungkapnya. (Ant)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS