Wali Kota Bogor Bima Arya Positif Corona, Begini Kronologinya

Jusri M
Jumat, 20 Maret 2020, 08:09 WIB Last Updated 2020-03-20T01:09:36Z
Wali Kota Bogor Bima Arya

Kabar Center - Bogor

Sebelum dinyatakan positif virus corona (Covid-19), Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan perjalanan ke dua negara, Azerbaijan dan Turki.

Demikian dikatakan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Jumat (20/03/2020) sebagaimana dilansir CNN.

Bima Arya berada di dua negara itu selama satu pekan dan baru kembali ke Indonesia, Senin (16/3).

"Kan beliau baru pulang dari Turki dan Azerbaijan, terus kan harus lapor sebagai ODP kan, orang dalam pemantauan. Kemudian, kalau ada tanda-tanda flu, atau batuk, atau panas kan harus lakukan tes swab, dilakukan tes swab kemarin, kemudian hasilnya sudah keluar (positif corona)," ujar Dedie.

Dedie menyebutkan, tes swab kepada Bima Arya baru keluar hasilnya kemarin, Kamis (19/3). Ia belum bisa memastikan apakah Bima Arya tertular virus corona saat berada di dua negara yang baru saja dikunjunginya itu atau dalam perjalanan.

"Ya bisa di pesawat, bisa di bandara, bisa di dua negara itu," katanya.

Dedie menambahkan, kepergian Bima Arya ke Azerbaijan dan Turki dalam rangka kunjungan kerja. Bima Arya ke Azerbaijan untuk penandatanganan nota kesepahaman (MoU) terkait pengembangan mal pelayanan publik. Menurutnya, Azerbaijan memiliki mal pelayanan publik terbaik di dunia.

"Ini sudah diagendakan lama, mau nolak kan enggak enak. Selama belum ketauan ada apa, beliau berangkat merebak kan, lapor sebagai ODP, ternyata kena," ucapnya.

Masih kata Dedie, ketika kembali dari dua negara itu, Bima Arya merasa demam dan flu. Kemudian melakukan isolasi diri di rumah selama 14 hari. Pasca dilakukan pemeriksaan kemarin, Bima Arya positif corona.

Dikatakan, Bima Arya kini sedang menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor, Jawa Barat. Dedie mengaku tak melakukan tes virus corona karena belum sempat bertemu dengan Bima Arya.

"Kalau saya kebetulan belum ketemu sama beliau, dari semenjak berangkat sampai sekarang," tuturnya.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno menyampaikan Bima Arya positif terinfeksi virus corona sepulang dari Turki dan Azerbaijan. Kepastian Bima positif ini diketahui setelah hasil tes Covid-19 yang dilakukan pada Selasa (17/3) lalu keluar Kamis (19/3) sore.

Retno mengatakan, Bima Arya sudah melapor ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melalui saluran telepon terkait dengan kondisi yang positif corona. Pelaksanaan tugas Bima Arya untuk sementara waktu dilaksanakan oleh Dedie. (Kc3)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS