Notification

×

Iklan

Iklan

Diduga Dampak Corona, Rupiah di atas Rp16 Ribu per Dolar AS

Jumat, 20 Maret 2020 | 11:48 WIB Last Updated 2020-06-26T10:04:21Z

Kabar Center - Jakarta

Nilai tukar rupiah berada di Rp16.347,50 ribu per dolar AS pada perdagangan pasar spot pukul 11:44 WIB Jumat (20/3). Posisi itu melemah dibandingkan perdagangan Kamis sore (19/3).

Melansir CNN, Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai anjloknya rupiah hingga tembus level Rp16 ribu siang ini disebabkan oleh kepanikan pasar global menghadapi virus corona (covid-19).

"Pasar panik akibat coronavirus yang menyebar secara global," kata Ibrahim saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (20/3).

Seperti diketahui, covid-19 kini telah menyebar ke lebih dari 100 negara dan telah merenggut lebih dari 8 ribu jiwa. Kondisi itu memicu kepanikan pasar global.

Meski demikian, Ibrahim menyebutkan fundamental ekonomi Indonesia masih kuat menghadapi level nilai tukar rupiah saat ini. Ia mengatakan, pelemahan itu murni akibat kepanikan pasar yang tidak terpengaruh kebijakan penurunan suku bunga bank sentral.

"Walaupun rupiah ke Rp16.500 per dolar AS, fundamental indonesia masih kuat, ini murni karena panik saja, penurunan suku bunga saat ini kecil pengaruhnya," ujarnya.

Lebih lanjut, ia memprediksi level rupiah saat ini sudah mencapai level kunci, di mana kemungkinan besar akan terus melemah bergantung perkembangan kabar virus corona.

"Ini level kunci, dan akan terus melemah sambil menunggu informasi virus corona," katanya. (Ck5)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini