Wow, Ini 10 Penghargaan Yang Diraih Pemkab Samosir

G.M
Kamis, 23 Juli 2020, 13:56 WIB Last Updated 2020-07-23T07:01:49Z
Presiden Joko Widodo bersama Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon
Kabar Center - Samosir

Pemerintah Kabupaten Samosir di bawah kepemimpinan Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga ternyata meraih penghargaan yang patut di apresiasi.

Informasi yang dirangkum Kabar Center, Kamis (23/07), ada 10 penghargaan yang telah diterima Pemkab Samosir diantaranya:

1. Kabupaten Samosir ditetapkan sebagai juara I kinerja lelang tahun 2017 kategori Pokok Lelang dengan nilai lelang 2,2 M di Penganugrahan BMN dan AUCTION AWARD 2017.

2. Sejak Kabupaten Samosir berdiri, Bupati Rapidin Simbolon, Menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), karena berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tiga tahun berturut-turut, untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017, 2018 dan 2019.

3. Bupati Rapidin Simbolon, menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan oleh Gubsu H Edy Rahmayadi, atas capaian perolehan laporan keuangan WTP (wajar tanpa pengecualiaan) beeturut-turut, (2017-2019).

4. Kabupaten Samosir berhasil meraih Anugrah Pesona Indonesia (API) 2018 dengan kategori Objek Wisata Belanja Unggulan. Penghargaan diberikan untuk Pasar Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.

5. Bupati Samosir Rapidin Simbolon menerima Best Award. Ini adalah sebuah penghargaan bergengsi tingkat Nasional, meraih penghargaan tingkat Nasional kategori Anugerah Mitra Kerjasama Terbaik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang diserahkan oleh Menteri Riset dan Teknologi RI didampingi Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

6. Bupati Samosir, masuk menjadi satu dari enam kepala daerah se-Indonesia yang memberikan pengalaman (testimoni) terkait performance sistem akuntabilitas kinerja pemerintah. Pencapain itu mengantarkan Pemkab Samosir meraih predikat B pada apresiasi dan penyerahan laporan hasil evaluasi sistem akuntabilitas kinerja. Penghargaan diberikan Kementerian Dalam Negeri kepada Bupati Samosir, Rapidin Simbolon pada senin 28 Januari 2019 di Bandung.

7. Menerima penghargaan Indonesia Award 2019 yang diselenggarakan stasiun televisi swasta nasional, INews TV. Politikus PDIP itu dinobatkan menjadi nominator kategori Bidang Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pengembangan Destinasi Wisata di Indonesia Award 2019. Penghargaan tersebut diserahkan di iNews Tower, lantai IV Gedung MNC Centre, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).

8. Meraih penghargaan dari KPK RI secara langsung sebagai kabupaten terbaik nomor satu di Sumatera Utara dalam pencegahan korupsi dalam rakor KPK dan kepala daerah se-Sumatera Utara, (9 Des 2019).

9. Pemerintah Kabupaten Samosir meraih Penghargaan Evaluasi Laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019 dengan nilai BB, membuat daerah tersebut mendapat tambahan Dana Insentif Daerah (DID) untuk Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp8,9 miliar. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo bertempat di Convention Center Hotel Radisson, Batam, Senin (10/02/2020).

10. Pemerintah Kabupaten Samosir menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Pemprovsu. Penghargaan itu disampaikan melalui video conference di ruang rapat Bappeda Samosir, Kamis (23/4/20).

Bukan hanya itu, masa Bupati Rapidin Simbolon-Juang Sinaga, Kabupaten Samosir dua kali dikunjungi Presiden RI, Joko Widodo. Kunker Presiden  RI itu, merupakan prestasi yang membanggakan tidak ternilai karena dengan dikunjungi Presiden RI sebanyak dua kali berturut-turut.

Kunjungan tersebut dianggap sebagai salah satu perhatian serius bagi Pemerintah pusat untuk menggelontorkan anggaran pembangunan dikawasan Danau Toba, khususnya Samosir senilai Rp. 2Triliun. (*/TS)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS