Notification

×

Iklan

Iklan

Viral Perempuan Diduga Dokter Yang Depresi Telanjang di Surabaya, Ini Kata dr. Lahargo

Jumat, 19 Juni 2020 | 12:17 WIB Last Updated 2020-06-19T05:17:07Z
Ilustrasi

Kabar Center - Jakarta

Video di media sosial yang menunjukkan seorang perempuan telanjang di jalanan kota Surabaya menjadi viral. Menurut pengakuan ketua RT setempat, perempuan itu adalah seorang dokter yang memang diketahui memiliki riwayat depresi.

"Saya kurang tahu persis apakah dia punya depresi. Tapi dulu pernah saat kelahiran anaknya yang ke berapa gitu, beliau depresi. Tapi gak seperti yang viral gitu. Ini saja sudah lama bertahun-tahun nggak depresi, itu menurut keterangan pembantunya saat saya tanya," kata sang Ketua RT, Darojat, dilansir detikcom.

dr Lahargo Kembaren, SpKJ, dari RS dr. H. Marzoeki Mahdi di Bogor mengatakan masalah gangguan jiwa sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja. Bila ditangani dengan baik, gangguan jiwa bisa diobati. Oleh karena itu masyarakat sebaiknya tidak melakukan diskriminasi yang akan semakin mempersulit pengobatan.

"Bila melihat dan menemukan orang dengan gangguan jiwa, segeralah menghubungi dinas sosial, aparat keamanan, atau pemerintahan setempat agar bantuan dapat segera diberikan. Hindari melakukan hal-hal yang melecehkan dan merendahkan harkat serta martabat mereka sebagai manusia," ujar dr Lahargo.

dr Lahargo menerangkan, gangguan jiwa dapat terjadi karena berbagai faktor, mulai dari genetik, proses persalinan, penyakit, trauma, beban psikologis, hingga penggunaan narkoba.

"Semuanya itu membuat keseimbangan zat kimia di otak menjadi berubah dan tidak stabil. Inilah yang memunculkan adanya perubahan pada cara berpikir, perasaan, sikap, dan perilaku," ucap dr Lahargo. (Kc6)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini