Menengok Pos Pengawasan Covid-19 Pelabuhan Simanindo Di Samosir

Kabar Center
Selasa, 12 Mei 2020, 14:05 WIB Last Updated 2020-05-12T07:05:42Z
Petugas jaga melakukan pemeriksaan kepada pengunjung yang datang ke Samosir

Kabar Center - Simanindo

Pos pemantauan penanganan Covid-19 di pelabuhan Simanindo menjadi salah satu pintu masuk ke pulau Samosir dengan pemeriksaan yang sangat ketat kepada pendatang yang akan berkunjung ke Samosir. Hal itu sesuai dengan pengamatan Kabar Center, Senin, 11 Mei 2020.

Berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan pemerintah Kabupaten Samosir, banyak yang datang ke Samosir melalui pelabuhan Tiga Ras terpaksa dikembalikan.

Namun ada hal yang patut menjadi perhatian, yaitu beberapa petugas di lapangan ternyata masih ada yang belum memiliki Alat Pelindung Diri (OPD) sesuai dengan standar penanganan Covid-19.

"Kekurangan perlengkapan pelindung diri ini sudah seharusnya menjadi perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten Samosir," kata ketua PAC LSM Pijar Keadilan, Jansen Sidabutar kepada Kabar Center, Selasa (12/05).
Petugas melakukan pemeriksaan

Menurutnya, sebagai garis terdepan penanganan Covid-19 para petugas harus dilengkapi APD. Hal itu untuk menjaga para petugas dari penularan Virus Corona yang pada akhirnya dapat menularkan kepada yang lain.

"Pos pengawasan Covid-19 di pelabuhan Simanindo sudah sangat bagus dan lebih dari lengkap, sudah ada unsur dari dinas kesehatan, TNI, Polri, aparatur desa dan tokoh masyarakat yang menjadi relawan atas kesadaran masyarakat cukup tinggi. Namun sangat disayangkan kurang dapat perhatian pemerintah atas kelengkapan pelindung diri karena tidak menutup kemungkinan adanya kontak secara fisik," pungkas Jansen. (Kirman Sidabutar)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS