Petugas Gugus Depan Covid-19 Terus Monitoring Pintu Masuk Samosir

JM
Jumat, 03 April 2020, 09:40 WIB Last Updated 2020-04-03T02:40:37Z
Petugas gugus depan Covid-19 melakukan pemeriksan kepada para penumpang di pintu masuk Tele Kecamatan Harian Kabupaten Samosir

Kabar Center - Samosir

Petugas gugus depan covid 19 pemerintah kabupaten samosir, bertahan dingin dari malam sampai pagi hari, demi memutus rantai penyebaran virus corona untuk tidak masuk ke wilayah Kabupaten Samosir.

Demi mempertahankan Kabupaten Samosir bersih dari virus corona, petugas gugus depan covid 19 melakukan pemeriksaan di pintu masuk Samosir tepatnya di rest area menara pandang tele.

Petugas gugus ini melibatkan dinas kesehatan, dinas perhubungan, dinas sosial, pemerintah desa dan TNI/POLRI, yang dibagi menjadi tiga shift, yaitu pagi, sore dan malam.

Pantauan wartawan di lokasi, setiap kendaraan yang akan memasuki wilayah Kabupaten Samosir diberhentikan untuk diperiksa suhu tubuh setiap penumpang dan melakukan penyemprotan desinfektan ke kendaraan, serta mendata asal dan tujuan pengunjung.

Pengendara/pelintas yang memiliki suhu tubuh 38 derajat, jika dia warga samosir akan langsung dibawa ke Puskesmas Harian menggunakan ambulance, dan jika warga luar samosir maka akan disuruh pulang ke tempat asalnya

Anggota Polsek Harian Brigadir Ardy Butarbutar yang sedang tugas malam,  mengatakan kegiatan tersebut bukan tidak memiliki tantangan berat, apalagi mereka juga tidak dilengkapi APD (Alat Pelindung Diri) yang standard.

"Jika malam hari rest area tele ini cukup dingin,  dan berembun," katanya.

Namun meski berat, para petugas juga memiliki kesan yang baik ketika melaksanakan piket malam ini. Petugas mengaku sering mendapat simpati dari masyarakat dengan memberikan hasil pertanian seperti ubi dan jagung untuk dibakar di api unggun dan dinikmati bersama.

Brigadir Ardy juga berharap agar masyarakat mengurangi bepergian demi memutus rantai penyebaran covid 19. "kalau bisa jalan-jalan nya ditunda dululah, sampai situasi kondusif. Terlebih untuk menjaga sterilnya kampung yang kita cintai in," imbuhnya.

Para pelintas sangat mengapresiasi perjuangan para petugas ini, masyarakat juga menitip pesan agar para petugas tetap semangat dan selalu jaga kesehatan. (Kc08)

Baca juga:
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS