Notification

×

Iklan

Iklan

Dampak Virus Corona, Facebook Siap Donasi 100juta Dollar Untuk Media

Selasa, 31 Maret 2020 | 10:54 WIB Last Updated 2020-03-31T03:54:50Z

Kabar Center - Medan

Virus Corona telah berdampak buruk bagi dunia, bukan hanya sisi kesehatan namun dari sisi ekonomi juga sangat dirasakan berbagai bidang usaha termasuk usaha media.

Meski demikian, demi untuk mengatasi dampak tersebut banyak pihak saling bahu membahu. Seperti yang dilakukan pihak facebook kepada media yang terdampak akibat covid-19.

Perusahaan media sosial terbesar itu dikabarkan menjanjikan donasi 100juta dolar AS (sekitar Rp1,6 triliun) untuk perusahaan media, termasuk penerbit lokal Amerika Serikat sebagaimana dilaporkan reuters, Senin (30/3).

Baca juga: Bantu Atasi Corona, Penyanyi Ini Sumbang 5 Juta Dolar

Perusahaan media, secara khusus media cetak, menanggung beban dikarenakan banyak pengiklan menarik anggaran promosi untuk menjaga pengeluaran selama masalah corona masih berlangsung.

Surat kabar Vatican berusia 160 tahun, L'Osservatore Romano, yang menghentikan pencetakan pekan lalu, merupakan satu dari beberapa media cetak yang kesulitan bertahan.

Donasi 100 juta dolar AS dari Facebook tersebut termasuk 25 juta dolar AS dalam bentuk dana hibah darurat untuk media lokal, dan 75 juta dolar AS dalam bentuk iklan untuk perusahaan media secara global.

Putaran pertama hibahnya ditujukan kepada 50 redaksi lokal di Amerika Serikat dan Kanada.

Sebelumnya perusahaan induk Google, Alphabet, menyumbang lebih dari 800 juta dolar AS atau sekitar Rp12,8 triliun untuk memproduksi pasokan medis yang digunakan melawan COVID-19 dan dalam bentuk iklan kepada usaha kecil dan menengah, juga pemerintah dan organisasi kesehatan. (rts/ant)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini