Notification

×

Iklan

Iklan

KPU Samosir Sosialisasi Putungsura Pemilu 2024 di Parbaba

Rabu, 07 Februari 2024 | 11:25 WIB Last Updated 2024-02-07T04:25:36Z
Sosialisasi Pendidikan Pemilih Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024

Kabar Center

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir menggelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 di Hotel JTS Parbaba, Rabu (07/02).

Ketua KPU Kabupaten Samosir Vincentius AP Sitinjak mengatakan, acara ini khusus digagas dalam rangka menyampaikan laporan KPU ke publik, tentang bagaimana Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024.

"Tahun ini pemilu serentak. Ada 2 pemilihan tahun ini yaitu tanggal 14 Februari nanti dan pilkada serentak di bulan November," ungkap Vincentius.

Vincentius melanjutkan, pemilu tahun 2019 menjadi evaluasi bagi pihak KPU sehingga pemilu Tahun 2024 mengalami perubahan secara teknis.

"Formulir berubah dari yang sebelumnya, seperti C Plano berubah menjadi C Hasil, kemudian C6 berubah menjadi C-Undangan," ujarnya.

Dari sisi keamanan hasil lanjut Vincentius, proses pemilihan akan dibantu dengan aplikasi. "Proses di KPPS langsung di upload dan publik bisa mengaksesnya," katanya.

Ketua KPU Samosir mengharapkan agar sosialiasi tersebut dapat diberitahukan kepada khalayak ramai agar masyarakat dapat mengetahui Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra, Tunggul Sinaga mengatakan kegiatan tersebut merupakan tahapan proses pemilu.

"Ini adalah bentuk bahwa KPU telah melaksanakan tahapan tahapan pemilu. Acara ini sangat penting dan strategis untuk diikuti," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Samosir kata Tunggul Sinaga memberikan dukungan agar proses pemilu dapat berjalan dengan baik sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini