Notification

×

Iklan

Iklan

Petani Ikan di Samosir Dapat Bantuan, Bupati: Gunakan Sebaik Mungkin

Jumat, 22 Desember 2023 | 08:40 WIB Last Updated 2023-12-22T01:40:19Z
Petani ikan menerima bantuan terpal

Kabar Center 

Untuk memberdayakan petani ikan khususnya budidaya kolam darat, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom didampingi Ketua KTNA, Pantas M. Sinaga dan Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom menyerahkan bantuan terpal kolam ikan  kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang dilaksanakan di Desa Sipinggan Kecamatan Nainggolan,  21/12.

Bantuan Terpal diberikan kepada Pokdakan Milenial Desa Sipinggan sebanyak 5 terpal, Pokdakan Bambu Kuning Desa Sinaga Uruk Pandiangan sebanyak 11 terpal, Pokdakan Batu Guru Desa Pangaloan sebanyak 5 terpal, Pokdakan Martala Gumba Desa Toguan Galung sebanyak 5 terpal, Pokdakan Sehati Desa Lintong Nihuta sebanyak 11 terpal,  Pokdakan Holong sebanyak Desa Salaon Dolok sebanyak 3 terpal, Pokdakan Banua Raja Desa Sabulan sebanyak 10 terpal. 

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menekankan pokdakan untuk memanfaatkan bantuan  sebaik mungkin, dipasang sehingga selanjutnya akan dibantu bibit ikan. 

Untuk menjaga kebersihan Danau Toba sebagaimana yang ditetapkan Pemerintah atasan saat ini, Vandiko berharap budidaya ikan melalui kolam darat  dapat mengganti keramba atau kolam ikan di Danau Toba. 

"Dengan bantuan ini, semoga perekonomian masyarakat tetap terjaga dan tidak lagi melakukan budidaya ikan  di Danau Toba, yang mana alam harus kita jaga agar tetap lestari," ucap Vandiko. 

Bupati Samosir menegaskan, Penyuluh perikanan untuk benar-benar membantu Pokdakan, sebaliknya Pokdakan diharapkan mau belajar dan bertanya kepada penyuluh sehingga budidaya ikan berhasil dan menjadi contoh bagi petani ikan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Samosir meninjau kolam darat milik Pokdakan Milenial yang masih belum memiliki terpal, dan memberi makan ikan. 

Ketua KTNA yang juga menjabat anggota DPRD Kabupaten Samosir, Pantas M. Sinaga,   atas nama KTNA mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemkab Samosir dalam membantu budidaya kolam darat. Kedepan diharapkan bantuan dan perhatian kepada pembudidaya ikan bisa berlanjut guna meningkatkan ekonomi masyarakat Samosir. 

Kepala Dinas Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom menjelaskan, pemberian bantuan bersumber dari APBD Kabupaten Samosir Tahun 2023. Bantuan untuk membantu Pokdakan dikarenakan tekstur tanah kolam darat di Samosir tidak dapat menahan air.  Diberikan kepada 7 Pokdakan dari 3 Kecamatan yaitu Nainggolan, Ronggurnihuta dan Sitiotio. Melalui pemberdayaan petani ikan kolam darat ini, Tumiur berharap dapat membantu pemenuhan konsumsi ikan di Kabupaten Samosir.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini